Akhyar: Belawan Akan Jadi 'Trigger' Pertumbuhan Ekonomi

Akhyar: Belawan Akan Jadi 'Trigger' Pertumbuhan Ekonomi
Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution, saat meresmikan Jalan Bekawan, Belawan, Kamis (27/2) (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Kawasan Belawan merupakan tata ruang nasional yang menjadi pusat strategis nasional. Artinya, denyut nadi Pelabuhan Belawan tidak hanya terasa di Sumatera Utara, namun seluruh wilayah Sumatera Bagian Utara.

"Terhambat sedikit saja, ini akan berpengaruh ke seluruh Sumatera Bagian Utara. Artinya ini memang benar-benar kawasan strategis nasional. Makanya kawasan strategis nasional itu harus diamankan, karena berkenaan dengan kepentingan rakyat yang sangat banyak sekali," kata Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution, dalam peresmian Jalan Ahmad Bekawan di Lingkungan XI, Kelurahan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Kamis (27/2).

Karena begitu pentingnya Belawan, Akhyar mengajak semua pihak termasuk para pengusaha untuk mengamankan distribusi logistik yang bersumber di Belawan.

"Terima kasih kepada tiga perusahaan yang mengerahkan CSR-nya untuk pembangunan jalan ini," ucapnya.

Akhyar juga meminta kepada pihak perusahaan untuk kembali mengerahkan CSR-nya untuk penyediaan tong sampah agar Medan bersih dan semakin cantik.

"Kalau Medan cantik, pasti distribusi logistik, kebutuhan logistik, pasti akan meningkat. Bapak ibu sekalian, tadi disetir oleh Pak Haji Irfan Hamidi tokoh masyarakat Belawan tentang rencana PT Pelindo membangun kawasan kuliner, ini akan menjadi trigger pertumbuhan di daerah Belawan dan kami berjuang dan berusaha supaya terjadi Trigger ekonomi di Belawan ini," tegasnya.

Dengan adanya wisata kuliner, sambung Akhyar, tentu akan menyerap tenaga kerja dari warga Belawan sehingga terjadi pertumbuhan ekonomi. Apalagi Kampung Nelayan Seberang saat ini sudah cantik dan bisa saja pelancong singgah ke sana menggunakan kapal-kapal milik warga.

"Kami harapkan kepada Pelindo kalau bisa tidak pakai lama-lama ya Pak Aulia, supaya gerakan ekonomi bisa semakin tumbuh di sini," imbaunya.

Di sisi lain, Akhyar juga menyinggung pembangunan jembatan Sicanang yang sebenarnya sudah siap untuk ditender, namun ada review desain hingga dipersiapkan pembebasan lahan.

"Kalau sudah oke, tinggal proses pembayaran setelah itu akan dilaksanakan pembangunan jembatan sicanang yang ambruk tempo hari," terangnya.

Untuk itu, dirinya meminta Belawan harus bebas sampah. Camat Belawan juga diingatkan agar menggerakkan kepling-kepling 'Bikin Cantik Medan'.

"Jadikan perjanjian kinerja setiap kepling. Jadi sekali lagi Pak Camat, ingatkan dalam perjanjian kinerja kepling harus mampu menggerakkan warganya untuk mewadahi sampah," pinta Akhyar.

Sementara itu, Camat Medan Belawan, Ahmad menyampaikan, pembangunan jalan sekitar 800 meter telah dilakukan dari Simpang Buaya hingga Lingkungan XI.

"Dan nanti akan ada pembangunan jembatan menuju lingkungan 11. Selama ini, hanya melewati pintu air. Setidaknya, ada 500 KK lebih warga kita disana. Dengan jalan dibangun, akses perekonomian warga akan meningkat," ujar Ahmad.

Ahmad menyebut pembangunan jembatan dan perbaikan jalan warga hingga Lingkungan IX akan dilaksanakan tiga pekan mendatang.

"Insya Allah sebelum lebaran sudah selesai dibangun," tandasnya.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi