Durian Berpotensi Jadi Bahan Pengisian Daya Perangkat Elektronik

Durian Berpotensi Jadi Bahan Pengisian Daya Perangkat Elektronik
Durian (Ubergizmo)

Analisadaily.com, Sidney – Durian dikenal publik merupakan jenis buah-buahan yang rasanya lezat. Namun saat ini, buah yang banyak tumbuh di Asia Tenggara itu kini memiliki manfaat baru, selain untuk dikonsumsi.

Seorang ilmuwan bernama Vincent G. Gomes di Universitas Sydney telah menemukan potensi lain, yaitu sebagai bahan pengisian daya cepat pada perangkat elektronik, seperti iPhone, dan bahkan mungkin mobil listrik.

Vincent dan rekan penelitinya menemukan, bahwa dengan memanfaatkan biowaste buah, mereka dapat mengubahnya menjadi super kapasitor yang memiliki kemampuan untuk menyimpan sejumlah besar energi.

“Ketepatan struktural biomassa alami dengan pori-pori hierarkisnya, yang dikembangkan selama jutaan tahun evolusi biologis, memberikan sumber daya yang luar biasa sebagai templat untuk sintesis bahan berbasis karbon,” kata Vincent.

“Sifat-sifatnya yang terintegrasi dari area permukaan tinggi, konduktivitas dalam pesawat, dan situs aktif antarmuka dapat memfasilitasi reaksi elektrokimia, difusi ionik, dan densitas pembawa muatan tinggi," sambungnya dilansir Popular Mechanics, Minggu (1/3).

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi