Pertama Kali Datang, Wishnutama Takjub Dengan Keindahan Danau Toba

Pertama Kali Datang, Wishnutama Takjub Dengan Keindahan Danau Toba
Luhut Binsar Panjaitan dan Wishnutama di Desa Sigapiton Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Selasa (3/3) (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Ajibata - Tarian tortor anak-anak menyambut kehadiran Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, di Desa Sigapiton, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Selasa (3/3).

Kehadiran Luhut dan Wishnutama untuk meninjau perkembangan Sigapiton yang diproyeksikan sebagai desa wisata.

Bagi Wishnutama ini adalah kali pertama dirinya berkunjung ke Danau Toba selama menjabat sebagai menteri. Dia langsung memuji keindahan danau vulkanik itu.

"Selama perjalanan dari Airport ke sini, melihat begitu indahnya pemandangan di sini. Langsung mendapat banyak inspirasi selama perjalanan ke sini," kata Wishnu.

Dalam kunjungannya, Wishnu mengatakan bahwa Sigapiton merupakan salah satu concern Presiden Joko Widodo sehingga pemerintah pusat banyak menaruh perhatian.

"Danau Toba bisa menjadi sumber pendapatan untuk masyarakat. Sigapiton menjadi salah satu yang punya potensi tinggi untuk dikembangkan jadi destinasi," jelasnya.

Menurutnya alam dan kebudayaan di Danau Toba punya peranan penting dalam menopang sektor pariwisata.

"Mungkin karena bapak ibu sekalian tinggal di sini selama ini dan tidak tahu betapa indahnya tempat ini. Tempat ini sangat luar biasa indahnya dan tidak kalah dengan pemandangan di Eropa sana atau di Amerika yang pernah saya lihat," ungkap Wishnu.

Wishnu kembali menekankan soal potensi besar yang dimiliki Sigapiton. Bukan hanya pariwisata, dia juga menguatkan soal ekonomi kreatif.

"Ekonomi kreatif juga potensi yang luar biasa untuk dikembangkan di sini. Oleh karena itu Kemenparekraf dalam waktu dekat akan membentuk sebuah tempat yang kita sebut creatif hub untuk mencari potensi-potensi kemampuan ekonomi kreatif dari masyarakat sekitar sini," terangnya.

Pembangunan infrastruktur dan ekonomi kreatif yang terus dilakukan, lanjut Wishnu, tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat.

"Kita ingin pariwisata dan ekonomi kreatif menciptakan kesejahteraan untuk seluruh masyarakat di sekitar Danau Toba maupun di Desa Sigapiton," tandas Wishnu.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi