Pasien Covid-19 di Medan Meninggal, Kapolda Sumut Beri Pesan Tegas

Pasien Covid-19 di Medan Meninggal, Kapolda Sumut Beri Pesan Tegas
Pengecekan suhu tubuh Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol. Martuani Sormin (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Menyikapi kembali meninggalnya pasien positif corona (Covid-19) di Kota Medan, Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol. Martuani Sormin, mengimbau kepada warga agar tidak melayat dan ikut menguburkan korban.

Hal tersebut disampaikan Martuani saat mengikuti rapat pencegahan Covid-19 di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, Senin (23/3).

Menurutnya virus atau bakteri dari Covid-19 cepat menyebar meski kondisi tubuh pengidapnya sudah tidak berfungsi.

"Untuk saat ini kita percayakan pada tim medis yang sudah dipercayakan dan lebih mengerti," ucap Martuani.

"Tidak ada yang mengantar jenazah, tidak ada yang memegang jenazah dan dalam tempo empat jam segera dimakamkan. Tidak akan ada pemeriksaan jenazah apabila mayat sudah didiagnosis mengidap Covid-19," tegasnya.

Martuani mengatakan bahwa jenazah korban harus sesegera mungkin dimasukan dalam kantong mayat dan tidak boleh dibuka kembali.

"Harus ditutup rapat-rapat dan segera dimakamkan. Bahkan kendaraan juga harus dibersihkan secara higienis setelah pengangkatan jenazah, semua sarung tangan dan peralatan sekali pakai harus dibuang dengan aman," terangnya.

"Baik keluarga dan masyarakat diimbau agar dapat mengerti dengan situasi ini karena ini dapat membahayakan kita semua," tandas Martuani.

(JW/EAL)

Baca Juga