Putra Mahkota Arab Saudi Segera Miliki Newcastle United

Putra Mahkota Arab Saudi Segera Miliki Newcastle United
Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (Give Me Sport)

Analisadaily.com, Newcastle - Pemilik Newcastle United, Mike Ashley, pada prinsipnya telah menyetujui kesepakatan 300 juta Pound untuk menjual klubnya.

Kepemilikan Ashley selama 13 tahun hampir berakhir setelah mengucurnya dana investasi publik Arab Saudi yang dipimpin oleh Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman.

Dilansir dari Give Me Sport, Sabtu (18/4), konsorsium yang dipimpin Mohammed bin Salman tersebut akan mengambil alih 80% kepemilikan Newcastle.

Sementara Amanda Staveley dengan mitra capital PCP-nya dan Reuben Brothers akan mengambil masing-masing 10% saham sisanya.

Kesepakatan itu sedang menunggu persetujuan dari penyelenggara Liga Premier Inggris dan bisa diselesaikan dalam waktu sebulan.

Ini berita menarik bagi para pendukung The Magpies yang kerap kecewa dengan kepemimpinan Ashley.

Selama dikuasai Mike Ashley, Newcastle sudah dua kali terdegradasi dari Liga Premier. Selain itu dia juga selalu gagal mendatangkan pemain bintang dalam bursa transfer.

Putra David Reuben yang mengelola Reuben Brothers, Jamie Reuben, kemungkinan akan menjadi direktur klub bersama dua perwakilan lainnya.

Keterlibatan Saudi sangat menarik karena mereka mempertimbangkan cara terbaik untuk masuk ke industri sepakbola. Mereka juga sempat menjajaki klub lain sebelum akhirnya membeli Newcastle United.

Pangeran Mohammed dikenal sebagai sosok yang siap menggelontorkan banyak uang seperti membeli kapal pesiar seharga 500 juta dolar dan lukisan Leonardo da Vinci seharga 450 juta dolar.

Jika konsep ini diterapkannya di Newcastle, bukan hal yang mustahil mereka akan jadi pesaing baru dalam perebutan gelar juara Liga Premier.

Editor:  Eka Azwin Lubis

Baca Juga

Rekomendasi