Wisata Batu Cadas Ujong Eumpee di Pulau Nasi

Wisata Batu Cadas Ujong Eumpee di Pulau Nasi
Wisata Batu Cadas Ujong Eumpee, Pulau Nasi (Analisadaily/Rianza Alfandi)

Analisadaily.com, Aceh - Berkunjung ke Pulau Nasi tampaknya belum sah jika tidak mengunjungi salah satu tempat wisata yang menyuguhkan hamparan batu cadas memanjang di sekitar tepi pantai.

Deburan ombak yang ada disekitar pantai tersebut seketika berubah jadi buih kala menabrak bebatuan karang hitam yang berdiameter sekitar satu hingga lima meter tersebut.

Pemandangan asri nan elok ini belum sepenuhnya terjamah oleh para wisatawan, karena letaknya yang berada di ujung pulau Eumpeu, Gampong Deudap, Pulo Nasi, Kecamatan Pulo Aceh, Aceh Besar, Aceh.

Pulau Nasi merupakan pulau yang berada di ujung wilayah Aceh. Menurut informasi yang didapat dari Guechik Gampong Deudap, Irfan, bahwa di pemukiman Pulau Nasi tersebut terdapat lima desa, diantarnya Desa Alue Reuyeeng, Deudap, Lmateng, Pasi Janeng dan Rabo.

Khususnya desa yang memiliki destinasi Batu Cadas Ujong Eumpee tersebut terdapat 80 kepala keluarga (KK).Pemandangan Ujong Eumpee ini sangat terlihat indah jika kita melihatnya dari ketinggian atas mercusuar yang ada di dekat pantai tersebut.

Tak hanya gundukan batu cadas yang kita temui di ujung pulau tersebut, disisi lain Ujong Eumpee tersebut juga terdapat pantai yang disuguhkan dengan hamparan pasir putih dan juga jernihnya air laut.

Namun sayangnya, keindahan dan kejernihan air di pantai Ujong Eumpee ini tidak cocok jika dijadikan tempat wisata bermain air, dikarenakan kondisi ombak yang tinggi juga arus laut yang sangat kencang.

Wisata Batu Cadas Ujong Eumpee, Pulau Nasi (Analisadaily/Rianza Alfandi)
Untuk akses menuju kesana, pengunjung yang berasal dari Banda Aceh bisa menggunakan kapal papuyu dari Pelabuhan Ulee Lheue dan juga bisa menggunakan kapal motor yang memang memiliki akses menuju dermaga di Gampong Deudap.

Untuk menuju ke sana penumpang hanya perlu merogoh kocek sebanyak Rp 20.000 per orang dan jika membawa sepeda motor cukup membayar Rp 20. 000 per motor.

Untuk sampai ke Pulau Nasi, waktu yang dibutuhkan selama 2 jam dengan menggunakan kapal Papuyu dan hanya 1 jam untuk perjalanan menggunakan kapal motor.

Selama perjalanan pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan pulau dan tebing-tebing tinggi yang terdapat di daerah pantai Lhok Mata Ie.

Salah seorang pengunjung, Iskandar mengatakan, Pantai serta Batu Cadas yang berada di Ujong Eumpee tersebut merupakan salah satu destinasi indah tersembunyi yang belum diketahui dan dijamah oleh banyak orang.

“Ini merupakan pantai dan batu karang yang indah dan bisa kita katakan masih tersembunyi dari banyak orang,” ujarnya, Selasa (21/4).

Selain pesonanya yang begitu indah, lokasi Ujong Empee ini juga sangat cocok dijadikan lokasi untuk berkemah. Karena di sisi lain batu cadas tersebut juga terdapat hamparan rumput tipis yang mendatar.

Berita kiriman dari: Rianza Alfandi

Baca Juga

Rekomendasi