Instruksi Kapolri, Polda Sumut Berikan Bantuan Kepada Masyarakat

Instruksi Kapolri, Polda Sumut Berikan Bantuan Kepada Masyarakat
Kapolda Sumut, Irjen Pol. Martuani Sormin, memberi bantuan sembako kepada masyarakat (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara beserta seluruh jajarannya melaksanakan bakti sosial kepada masyarakat yang terdampak langsung wabah virus corona (Covid-19).

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol. Martuani Sormin, mengatakan bakti sosial ini merupakan instruksi langsung dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

"Kegiatan kita hari ini sesuai dengan instruksi bapak Kapolri untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak langsung dari pandemi Covid-19," kata Martuani di Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Selasa (21/4).

"Kebetulan hari ini Hari Kartini kami mengucapkan selamat hari Kartini khususnya untuk kaum perempuan di Sumut. Semangat Kartini kita tiru dalam ranah melawan Covid-19," sambungnya.

Martuani menjelaskan bakti sosial ini dilakukan serentak di seluruh jajaran kepolisian di Sumatera Utara.

"Baksos yang kita lakukan serentak di seluruh jajaran kepolisian di Sumut. Mudah-mudahan tindakan sosial ini bisa membantu masyarakat yang terdampak langsung Covid-19," jelasnya.

Menurutnya aksi sosial yang mereka lakukan parsial. Sebab Polres jajaran sudah tiga kali serentak melaksanakannya.

"Namun yang terkoordinir langsung oleh bapak Kapolri baru kali ini seluruh Indonesia sebagai bentuk empati sosial dan imbauan kami kepada masyarakat mari kita bersama-sama cegah Covid-19 karena ini musuh bersama kita," tuturnya.

Terkait adanya kabar masyarakat yang terpapar di usir masyarakat, Kapolda Sumut menegaskan bahwa hal tersebut jangan sampai terjadi.

"Tidak ada yang boleh mengusir warrga. Kita menggunakan pendekatan bukan dengan cara mengusir," imbau mantan Kapolda Papua itu.

"Selain itubsaat ini para medis yang menangani Covid-19 di rumah sakit jangan sampai dibully masyarakat. Karena para medis itu adalah pahlawan kemanusiaan dan harus diberi support," tandasnya.

Selain menyerahkan bantuan kepada masyarakat, Kapolda Sumatera Utara juga menyerahkan dua unit sepeda motor yang sudah didesain untuk para pedagang disabilitas.

Jahariyadi, salah seorang pedagang distabilitas yang berjualan pewangi, pisau cukur, masker dan lainnya menerima bantuan sepeda motor modifikasi dari Kapolda Sumut.

Warga Tanjung Morawa ini sangat berterima kasih karena diberikan sepeda motor untuknya berjualan.

"Sebelum ada bantuan ini saya berjualan dengan berjalan kaki di sekitaran Tanjung Morawa. Sepeda motor pemberian kapolda ini akan saya gunakan untuk mengais rezeki di jalanan," ucapnya.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi