Cerita Public Figure Perangi Covid-19

Cerita Public Figure Perangi Covid-19
Choky Sitohang dan Olivia Zalianty (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Public figure menjadi sosok penting dalam memberikan dukungan untuk memerangi pandemi Covid-19. Mereka memiliki kekuatan utama seperti reputasi dan nama baik, serta prestasi yang sebelumnya dikenal masyarakat.

Sehingga apa yang dilakukan para public figure akan lebih didengar dan diikuti oleh masyarakat melalui kampanye atau kegiatan positif lainnya.

“Seorang pesohor itu ketika menyampaikan sesuatu berpengaruh secara psikologi, karena masyarakat merasa mengenal dari karya-karyanya,” kata presenter dan artis Choky Sitohang di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Sabtu (16/5).

Disebutkan Choky, sebagai presenter dan public figure, dirinya juga melakukan upaya-upaya untuk mencegah penularan Covid-19 dengan bekerja dari rumah selama kurang lebih dua bulan.

Meski hal itu tentu memberikan dampak risiko bagi dirinya, namun Choky menganggap semua bisa disesuaikan dengan pola hidup baru, sebagai dukungan kepada pemerintah untuk memerangi pandemi Covid-19.

“Benar-benar semua dari rumah. Tentu ini ada kerugian dari sisi kami. Ini semua adalah risiko yang memang bukan hanya kami saja yang hadapi. Saya yakin kita semua juga menghadapi hal yang sama. Tetapi apa yang menjadi anjuran pemerintah adalah yang terbaik,” sebut Choky.

Sejalan dengan Choky, artis muda dan berbakat Olivia Zalianty juga melihat kehadiran public figure sangat berperan dalam memberikan contoh upaya gotong-royong dengan berbagai kegiatan seperti kesenian hingga penggalangan dana.

Menurut Olivia, dalam menghadapi musibah pandemi Covid-19 ini harus dilakukan secara bersama-sama.

“Musibah ini membangkitkan semangat gotong-royong kita. Mungkin pemerintah melakukan PSBB, namun justru hal itu juga membangkitkan bahwa ini saatnya kita menunjukkan jiwa gotong-royong dengan skala besar,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, artis kenamaan Marcella Zalianty juga merasakan pandemi Covid-19 berdampak pada kegiatan rumah produksi dan memaksa para pekerja seni tidak dapat melakukan aktivitas sehingga tidak dapat mendapatkan penghasilan.

Oleh sebab itu, Marcella bersama Persatuan Artis Film Indonesia melakukan penggalangan dana untuk sektor seni yang terkena dampak pandemi.

“Kita menggalang dana dari kita untuk kita. Ahlamdulillah dua minggu lalu sudah didistribusikan bantuan kepada 250 pekerja film,” jelas Marcella.

Dalam menghadapi pandemi Covid-19, ada yang kemudian berbeda pendapat dari banyak orang bahkan kalangan seniman papan atas. Perbedaan pendapat mengenai penyebaran Covid-19 juga dapat memunculkan beragam opini masyarakat.

Menurut pandangan dari kalangan pesohor, hal itu tentunya memang wajar terjadi karena beberapa sebab. Namun, hal yang perlu digaris bawahi adalah pentingnya pemahaman mengenai sesuatu yang telah terbukti dan berdasarkan hasil penelitian para ahli serta literasi.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi