Bank Sumut Bagi Deviden Rp517 Miliar

Bank Sumut Bagi Deviden Rp517 Miliar
Bank Sumut (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Pemegang Saham PT Bank Sumut mengapresiasi pencapaian laba dan telah menerima laporan keuangan Bank Sumut tahun Buku 2019. Pada laporan tersebut laba Bank Sumut meningkat 8.3% dibanding tahun 2018 atau sebesar Rp545 miliar.

Direktur Utama Bank Sumut, Muchammad Budi Utomo menjelaskan, selain laba, tercatat rasio keuangan Bank Sumut lainnya juga menunjukkan grafik peningkatan.

"Tercatat total aset Bank Sumut sebesar Rp31,7 triliun atau meningkat 12.9% dibanding Desember 2018 sebesar Rp28, 1 triliun. Total dana pihak ketiga yang berhasil dihimpun per Desember 2019 sebesar Rp25,1 triliun sementara kredit yang disalurkan sebesar Rp23,7 triliun," ujar Muchammad Budi Utomo, Minggu (17/5).

Atas pencapaian kinerja Bank Sumut pada Tahun buku 2019 yang lalu, Hasil RUPS Bank Sumut tersebut juga menghasilkan beberapa keputusan, diantaranya Bank Sumut akan menyisihkan sebesar 3% dari jasa produksi yang diterima pengurus dan pegawai.

"Alokasi dana 3% tersebut akan dipergunakan sebagai dana sosial penanganan Covid-19 melalui pemegang saham," sebutnya.

"Ini juga merupakan bentuk kepedulian bersama antara pemegang saham, pengurus dan juga pegawai Bank Sumut terhadap penanganan wabah Covid 19," sambung Budi Utomo.

Selain itu menurutnya RUPS juga menyepakati alokasi dana CSR yang akan dikeluarkan Bank Sumut pada Tahun 2020 sebesar Rp27,2 miliar.

Sebagaimana diketahui pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2019 dan RUPS Luar biasa yang dipimpin langsung Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Musa Rajecksah pada Kamis (14/5) di rumah dinas Gubernur Sumatera Utara yang diselenggarakan juga secara video conference bersama pemegang saham lainnya juga menyepakati pembagian Dividen Bank Sumut sebesar Rp517 miliar.

Atas pencapaian kinerja Bank Sumut tersebut, Gubsu juga meminta manajemen PT Bank Sumut untuk dapat lebih meningkatkan kinerjanya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut telah melakukan penyertaan modal sebesar Rp100 miliar sehingga posisi saham Pemprov Sumut meningkat dari 45,68 % per 31 Desember 2019 menjadi 47,23 % per 31 Maret 2020.

"Dengan kondisi ini telah meningkatkan performa PT Bank Sumut," ujar Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting dalam kesempatan itu mengingatkan agar Bank Sumut lebih inovatif serta visioner kedepannya, yakni dengan terlibat aktif dan sekaligus menjadi tulang punggung dalam pelaksanaan program-program pembangunan daerah.

Optimis Capai Target

Pada bagian lain, Budi Utomo juga menjelaskan, untuk Tahun 2020, PT Bank Sumut optimis perseroan mampu mencapai target. Optimis tersebut melihat dari kinerja Bank Sumut Tahun Buku 2019 dan Triwulan 1 Tahun 2020.

Per Triwulan 1 Tahun 2020, Bank Sumut mampu membukukan pencapaian laba sebesar 104.46% dari target Maret 2020, adapun total asset Bank Sumut meningkat menjadi Rp33,8 triliun dan Dana Pihak Ketiga sebesar Rp27,3 triliun.

Terkait dampak akibat Covid-19 bagi penyaluran kredit perseroan, Corporate Secretary Bank Sumut Syahdan Ridwan Siregar menjelaskan Bank Sumut telah mempedomani POJK No.11/2020 tentang Stimulus utk Bidang Perbankan untuk UMKM dengan Restrukturisasi Kredit karena Dampak Crisis Ekonomi dampak Covid-19.

"Proses relaksasi kredit dilakukan setelah melalui penilaian kelayakan debitur untuk direlaksasi. Saat ini Bank Sumut tengah memproses relaksasi kredit untuk 7909 acount dengan total nilai sebesar Rp1,3 triliun" pungkas Syahdan.

(HERS/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi