Mahasiswa Punya Tanggung Jawab Tanam Nilai Pancasila ke Masyarakat

Mahasiswa Punya Tanggung Jawab Tanam Nilai Pancasila ke Masyarakat
Ketua Umum Badko HMI Sumut, M Alwi Hasbi Silalahi (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Salah satu dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yaitu Pancasila diperingati hari lahirnya oleh seluruh anak bangsa setiap 1 Juni.

Dalam peringatan hari lahir Pancasila tahun ini, Ketua Umum Badko HMI Sumut, M Alwi Hasbi Silalahi mengatakan, mahasiswa memiliki tanggung jawab besar untuk menyosialisasikan serta menanamkan nilai Pancasila ke masyarakat.

"Mahasiswa adalah kelompok masyarakat intelektual yang memiliki kemampuan dalam menanamkan nilai Pancasila ke masyarakat luas. Jadi mahasiswa punya tanggung jawab besar untuk menyosialisasikan, bukan lagi menerima sosialisasi," katanya, Senin (1/6).

"Saya sangat yakin mahasiswa telah mendapatkan pembekalan yang sangat cukup atas nilai Pancasila, baik itu dari organisasi yang ia geluti maupun dari mata kuliah wajib," sambungnya.

Hasbi menjelaskan, sosialisasi atau penanaman nilai Pancasila ke masyarakat luas oleh mahasiswa akan lebih efektif.

"Pemikiran dan gerakan mahasiswa itu lebih kreatif, dan mampu lebih beradaptasi kepada berbagai lapisan masyarakat," jelasnya.

Oleh karena itu, Hasbi meminta kepada lembaga negara yang memiliki tanggung jawab dalam penanaman nilai Pancasila harus melibatkan mahasiswa dalam menjalankan program-programnya.

"Seperti BPIP dan DPD RI, ke depan harapannya lembaga tersebut banyak melibatkan mahasiswa di setiap agenda sosialisasi Pancasila," tandasnya.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi