Dua Dokter di Aceh Positif Terinfeksi Covid-19

Dua Dokter di Aceh Positif Terinfeksi Covid-19
Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Andulgani (Analisadaily/Muhammad Saman)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Tren peningkatan positif terinfeksi virus corona (Covid-19) di Aceh semakin mengkhawatirkan dengan terus terjadinya penambahan kasus setiap hari.

Hari ini pasien positif Covid-19 di Aceh bertambah delapan orang, termasuk dua dokter yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meuraxa, Banda Aceh.

Ini kasus pertama dokter umum yang terinfeksi Covid-19 di Aceh. Beberapa hari lalu empat orang perawat di RSUDZA Banda Aceh juga positif virus corona.

Sampai hari ini total kasus positif corona di Aceh menjadi 77 orang, naik delapan orang dari hari sebelumnya 69 orang.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG) di Banda Aceh, Sabtu (27/6).

Kedelapan orang positif terinfeksi Covid-19 hari ini, 27 Juni 2020, sampai pukul 15.00 WIB berinisial:

1. KR (11 tahun), Perempuan asal Aceh Besar

2. KA (47 tahun), Laki-laki asal Aceh Besar

3. VA (34 tahun), Perempuan asal Banda Aceh

4. EW (29 tahun), Perempuan asal Aceh Tamiang

5. CP (29 tahun), Perempuan asal Banda Aceh

6. DL (39 tahun), Perempuan asal Aceh Besar

7. AI (87 tahun), Laki-laki asal Banda Aceh

8. MH (25 tahun) asal Aceh Besar

"Saya hanya bisa menyampaikan nama inisial, umur, dan lokasi kedelapan orang yang konfirmasi positif Covid-19 hari ini di Aceh," ujar SAG.

Selanjutnya, SAG merilis akumulasi kasus Covid-19 di Aceh berdasarkan laporan Gugus Tugas kabupaten/kota se-Aceh.

Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di seluruh Aceh hari ini sebanyak 2.260 orang.

"Tidak ada penambahan ODP baru hari ini," kata SAG.

ODP yang masih dalam pemantauan Gugus Tugas Covid-19 kabupaten/kota saat ini sebanyak 43 orang. Sedangkan sebanyak 2.217 orang sudah selesai menjalani proses pemantauan atau isolasi secara mandiri,” jelas SAG.

Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP), sebanyak 121 kasus. Ada penambahan 2 kasus baru. PDP dalam perawatan rumah sakit rujukan Covid-19 kabupaten/kota saat ini, sebanyak 3 orang.

PDP di Aceh yang sudah sembuh sebanyak 117 orang. PDP yang meninggal dunia 1 orang pada 26 Maret 2020.

Sedangkan jumlah orang yang Positif Covid-19 terus melonjak tajam dalam dua pekan terakhir. Jumlah kasus hingga saat ini sudah mencapai 77 orang–termasuk bayi, tenaga kesehatan, perawat, dan bahkan dua dokter.

"Pasien Covid yang sedang dirawat di rumah sakit rujukan kabupaten/kota sebanyak 53 orang, sudah sembuh 22 orang, dan 2 orang meninggal dunia," pungkas SAG.

Sementara Direktur RSUD Meuraxa, dr. Fuziati menyampaikan, pihaknya menerima hasil swab empat orang yang positif terinfeksi Covid-19 hari ini dari laboratorium Balai Litbangkes Aceh.

Keempatnya dari RSUD Meuraxa Banda Aceh, termasuk dua dokter umum masing-masing berinisial CP (29 tahun) adalah perempuan, sedangkan Mr (25), laki-laki. Keduanya warga Banda Aceh.

Satu orang lainnya berinisial De (39), perempuan berprofesi sebagai laboran atau petugas laboratorium di RSUD Meuraxa, juga warga Banda Aceh.

Yang terakhir berinisial AI (87), laki-laki, warga Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh. AI tercatat sebagai pasien ICU di rumah sakit umum miliki Pemko Banda Aceh itu.

Sebelum dua dokter ini terinfeksi virus Corona, RSUD Meuraxa sempat menangani dua pasien dengan ciri-ciri terinfeksi virus Corona, yakni Nur (64), perempuan, asal Labuhan Haji, Aceh Selatan dan WH (18), laki-laki yang memiliki KTP Medan, Sumatera Utara. Kedua pasien yang diketahui positif Corona pada 24 Juni sudah dirujuk ke Poli Pinere RSUDZA Banda Aceh.

(MHD/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi