Pembangunan Dermaga Tongging Dikhawatirkan Mangkrak

Pembangunan Dermaga Tongging Dikhawatirkan Mangkrak
Lokasi pembangunan Dermaga Tongging (Analisadaily/Alex Ginting)

Analisadaily.com, Merek - Sampai awal Juli 2020 pembangunan dermaga Danau Toba di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, yang dimulai 16 Oktober 2019 belum ada tindak lanjut.

Masyarakat pun mempertanyakan kapan proyek bernilai Rp20 miliar itu dilanjutkan.

Ada asumsi bahwa proyek yang ditangani Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Provinsi Sumatera Utara (Sumut) itu terhenti karena pandemi Covid-19.

Namun pembangunan dermaga yang juga dimulai tahun lalu di Desa Silalahi, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi sudah selesai sejak bulan Mei lalu.

Sedangkan dermaga Tongging yang berjarak sekitar 5 km dari dermaga Silalahi sampai saat ini masih sebatas pembuatan tiang pemancang di pinggir danau.

Kadis Perhubungan Kabupaten Karo, Gelora Fajar Purba, ketika dikonfirmasi mengenai hal ini mengaku tidak tahu.

"Proyek itu pihak Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pelaksana pembangunannya," kata Gelora, Kamis (2/7).

Sebelumnya Gelora sempat mengatakan bahwa pembangunan tahap ke II dermaga Tongging tetap dilanjutkan. Bahkan dia membantah terhentinya pembangunan dermaga tersebut terkait Covid-19.

Bupati Karo, Terkelin Brahmana, yang meninjau pembangunan dermaga Tongging awal Januari lalu mengatakan, dermaga itu bagian dari 12 pelabuhan penyeberangan di Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba yang dibangun oleh Kementerian Perhubungan.

"Dermaga tersebut mendukung kegiatan Geopark Kaldera Danau Toba," kata Terkelin saat itu.

Saat bersamaan, Kepala Bapeda Karo, Nasib Sianturi, menjelaskan bahwa pembangunan tahap kedua dermaga Tongging akan dimulai Maret 2020. Sebab Januari sudah mulai proses tender dan diperkirakan akan selesai bulan Desember 2020.

"Saat Nataru (Natal dan Tahun Baru) nanti dermaga sudah dapat dioperasikan," ujar Nasib Sianturi.

Pantauan Analisadaily.com ke lokasi, pembangunan dermaga Tongging masih tahap penanaman pancang di tengah Danau Toba hasil pelaksanaan tahap pertama yang dimulai pertengahan Oktober 2019. Puluhan batang besi pipa masih tersusun rapi di pinggir danau seperti akhir tahun lalu.

"Anehnya sampai akhir Juni 2020, tidak ada kegiatan apa-apa untuk pembangunan dermaga Tongging. Sementara dermaga Silalahi yang pembangunannya sama sudah rampung Mei 2020 lalu," ujar warga sekitar, Apul Manihuruk.

(ALEX/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi