Kasus Covid-19 di Arab Saudi Lampaui 200 Ribu, Ibadah Haji Dibatasi

Kasus Covid-19 di Arab Saudi Lampaui 200 Ribu, Ibadah Haji Dibatasi
Ibadah haji (KBPS/Internet)

Analisadaily.com, Riyadh – Penambahan jumlah kasus virus corona Covid-19 di Arab Saudi terus mengalami peningkatan. Hingga saat ini total kasus Covid-19 di Arab Saudi telah melampaui angka 200 ribu kasus.

Dilansir dari detiknews, Sabtu (4/7), kenaikan jumlah kasus diumumkan beberapa pekan sebelum dimulainya ibadah haji tahun ini, yang digelar secara terbatas akibat pandemi Covid-19.

Kementerian Kesehatan Saudi melaporkan 4.193 kasus baru Covid-19 sepanjang Jumat (3/7) waktu setempat. Total saat ini 201.801 kasus Covid-19 terkonfirmasi di wilayah Saudi.

Kemudian, total kematian akibat virus Covid-19 di Saudi dilaporkan mencapai 1.802 orang. Sedangkan, lebih dari 140 ribu pasien di Saudi telah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Untuk diketahui, di tengah pembatasan ketat yang masih diberlakukan untuk membatasi penyebaran Covid-19, Kerajaan Saudi akan mengizinkan hanya sekitar 1.000 jemaah yang sudah hadir di wilayahnya untuk ikut dalam ibadah haji, yang dimulai akhir bulan ini.

Pada tahun 2019 lalu, ibadah haji diikuti oleh lebih dari 2,5 juta jemaah dari berbagai negara. Ibadah haji tahun ini digelar di bawah protokol higienis yang ketat, dengan akses hanya dibatasi untuk jemaah di bawah 65 tahun, dan yang tidak memiliki riwayat penyakit kronis.

Para jemaah haji akan diperiksa setibanya di kota suci Mekah. Setelah menjalani ritual ibadah haji, para jemaah akan menjalani karantina di rumah atau tempat tinggal masing-masing.

Otoritas Saudi melihat kenaikan cukup signifikan untuk total kasus positif dan kematian akibat Covid-19 di wilayahnya, sejak pembatasan pergerakan dilonggarkan pada akhir Mei lalu. Sejauh ini, Saudi belum membuka kembali penerbangan internasional yang ditutup imbas Covid-19.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi