Alat Penerima Informasi Gempa Dipasang di Padanglawas

Alat Penerima Informasi Gempa Dipasang di Padanglawas
Display WRS New Generation sudah dipasang di Padanglawas. (ANTARA/HO)

Analisadaily.com, Padang Lawas – Badan Metereologi Klimatologi dan Gefisika Deli Serdang telah selesai memasang Warning Receiver Sytem (WRS) New Generation atau alat penerima informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami di Kabupaten Padanglawas, Sumatera Utara.

Kepala Stasiun Geofisika Deli Serdang, Teguh Rahayu mengatakan Warning Receiver System New Generation atau disingkat WRS New Gen tersebut sudah terpasang di Kantor Bupati Padanglawas.

Kata dia, alat tersebut merupakan peralatan penerima informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami berupa Smart Display.

"Sebelum dipasang kami terlebih dahulu melakukan survei dan audiensi dengan pemerintah daerah setempat," kata Teguh dilansir dari Antara, Selasa (21/7).

Pemasangan WRS New Gen di Kabupaten Padang Lawas merupakan lokasi ke sepuluh dari 11 rencana pemasangan WRS New Gen di Sumatera Utara.

Masih kata dia, Wilayah Padang Lawas sediri dari sisi kegempaan merupakan daerah yang berdampak dan berpotensi terjadi gempa bumi akibat aktivitas patahan angkola.

Gempa bumi yang terjadi pada 30 April 2020 merupakan pengalaman yang sangat berharga di masa pandemik Covid-19 dalam pemberian informasi dini gempa bumi.

"Kerusakan beberapa bangunan akibat gempa yang terjadi di bulan April itu menggambarkan pentingnya smart display. Ini diharapkan akan memberikan respon cepat untuk informasi dini gempa bumi dan tsunami kepada stakeholder," tambahnya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi