Antusias Pengunjung Lawang Sewu Tinggi di Masa Adaptasi Kenormalan Baru

Antusias Pengunjung Lawang Sewu Tinggi di Masa Adaptasi Kenormalan Baru
Lawang Sewu (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Semarang - Sejak dibuka kembali tempat wisata Museum Lawang Sewu, Semarang, Jawa Tengah, para pengunjung yang datang sangat antusias dan tertib dalam mematuhi protokol kesehatan yang telah diterapkan PT Kereta Api Pariwisata (Kawisata) selaku anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia.

Direktur Utama Kawisata, Totok Suryono menyampaikan, hingga saat ini jumlah pengunjung yang datang ke Museum Lawang Sewu rata-rata per hari mencapai kurang lebih 400 hingga 1000 pengunjung, baik di masa weekday maupun weekend.

"Setiap pengunjung kami terapkan aturan mengenai protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah, wajib memakai masker, mencuci tangan dengan sabun maupun hand sanitizer, diperiksa suhu tubuh dengan thermo gun, menjaga jarak, serta menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS," kata Totok, Selasa (21/7).

Sehingga, lanjutnya, di masa Adaptasi Kenormalan Baru saat ini para pengunjung yang datang masih berjalan dengan tertib, lancar, dan antusias, serta mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu, untuk memudahkan para pengunjung dan mengikuti arahan protokol kesehatan, Kawisata menambah aplikasi cashless bekerja sama dengan mitra Blibli. Masyarakat sudah dapat membeli tiket Museum Lawang Sewu melalui aplikasi Blibli.

"Operasional Museum Lawang Sewu saat ini mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB," ujarnya.

Pembatasan Pengunjung

Cek suhu tubuh (Analisadaily/Istimewa)
Humas Kawisata, M Ilud Siregar menambahkan, adanya pembatasan jumlah pengunjung yang masuk di Museum Lawang Sewu sebanyak 50 persen dari kapasitas gedung guna menjaga jarak dan physical distancing saat berwisata.

"Sebelumnya saat normal bisa menampung jumlah pengunjung sampai dengan 10.000 disaat bersamaan," tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi