Tuding Wartawan Siarkan Informasi Hoaks, Tiga Warga Minta Maaf

Tuding Wartawan Siarkan Informasi Hoaks, Tiga Warga Minta Maaf
Muhammad Khairi, Rizky Ramadan dan Haris Fadillah, saat menyampaikan permintaan maaf. (Analisadaily/Amirul Khair)

Analisadaily.com, Lubuk Pakam - Tiga orang yang menuding wartawan menyiarkan informasi hoaks, meminta maaf kepada awak media di Posko Aspirasi Wartawan Unit Polresta Deli Serdang, Lubuk Pakam.

Tudingan itu terkait RU, warga Desa Pantai Labu Pekan, Kecamatan Pantai Labu, yang meninggal dunia dan dinyatakan pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Deli Serdang positif Covid-19

Ketiganya, Muhammad Khairi (32) warga Dusun 4 Desa Pantailabu Pekan, Rizky Ramadan (24) dan Haris Fadillah (20), keduanya warga Dusun 3, Desa Paluhsibaji.

Khairi yang mengaku bagian keluarga dari RU, mengaku khilaf karena terpancing emosi dari status banyak orang di media sosial yang menyebutkan kakek RU positif Covid-19.

Unggahan itu disertai lampiran berita dan foto proses penguburan di perkuburan umum, Desa Rugemuk.

Awalnya Khairi menahan diri membaca posting-an tersebut sampai malam hari ketika mendapatkan surat keterangan dari pihak RUSD Deli Serdang melalui keluarga terdekat, bahwa RU meninggal dunia karena ‘gagal nafas’ dan tidak menerangkan positif Corona.

Unggahan itu diakuinya untuk membalas status banyak nitizen yang dinilai menyudutkan kakek dan keluarga setelah dinyatakan positif Corona dan tidak mengarah pada wartawan. Namun ditujukan terhadap orang-orang yang ‘sok’ wartawan.

“Kata wartawan di situ bukan untuk wartawan sebenarnya. Tidak. Melainkan untuk orang yang sok wartawan tadi,” jelasnya.

Untuk kekhifalannya itu, Khairi mengaku secara tulus dan sadar meminta maaf kepada seluruh wartawan atas postingannya yang telah menyinggung profesi wartawan dan akan menjadikan peristiwa tersebut sebagai pengalaman juga pelajaran ke depan untuk lebih berhati-hati menggunakan medsos.

“Saya selak pembuat, penyebar postingan dengan kata-kata yang tidak menyenangkan kepada pihak wartawan, mohon maaf kepada seluruh pihak wartawan,” ucapnya.

Permintaan maaf juga disampaikan Rizky Ramadan kepada pihak wartawan yang turut menyebarkan postingan bernada tudingan kepada wartawan mempublikasikan berita hoaks lewat akun Facebook miliknya.

“Saya, atas yang tidak menyenangkan di Facebook, meminta maaf yang sebesar-besarnya,” ucap Rizky.

Terakhir pernyataan maaf juga langsung disampaikan Haris Fadillah yang ikut serta menyebarkan postingan tersebut di medsos sehingga viral.

“Saya Haris Fadillah meminta maaf kepada pihak wartawan yang telah menyebarkan postingan dari kawan saya Khairi,” tandasnya.

Sebelumnya, peristiwa diawali pemberitaan terhadap RU yang meninggal dunia di RSUD Deli Serdang, Rabu (15/7) sekira Pukul 09.00 WIB dan dinyatakan positif Covid-19 setelah mendapat perawatan medis sejak, Selasa (14/7) malam.

(AK/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi