Jokowi Beli Sapi Milik Peternak di Langkat

Jokowi Beli Sapi Milik Peternak di Langkat
Sapi kurban dari Joko Widodo saat masih berada di kandang. (Analisadaily/Hery Putra Ginting)

Analisadaily.com, Langkat - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, memilih sapi milik peternak asal Kabupaten Langkat, dengan bobot sekitar 1.1 ton, yang nantinya disembelih untuk kurban pada perayaan Idul Adha di Medan.

Sapi tersebut berjenis Peranakan Ongole berusia empat tahun milik Rustam (48), warga Jalan Medan-Tan­jung Pura KM 55.5 Desa Batu Maleng­gang Kecamatan Hinai, Kabu­paten Langkat.

Kepala UPT Kesmavet Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara, Muhamin Damanik, menyampaikan itu usai memeriksa kesehatan sapi.

“Sapi yang dimaksud harus memenuhi spesifikasi yang terbaik di daerah Sumatera Utara ini sesuai yang diisyaratkan dari pemerintah pusat,” kata Muhamin, Selasa (28/7).

Selanjutnya, kata Muhamin, selain jenis sapi lokal keturunan ongole, sapi kurban Jokowi ini memiliki bobot di atas 900 kg, dan yang ada sekarang seberat 1.1 ton.

“Mencari hewan kurban itu membutuhkan waktu satu bulan untuk menyesuaikan spesifikasi yang diisyaratkan oleh pemerintah pusat,” sambungnya.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Langkat, drh Chalikul Bahri mengatakan, hewan kurban Presiden Jokowi telah diperiksa kesehatannya dan telah memenuhi kreteria kesehatan hewan untuk kurban.

(HPG/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi