Rekomendasi Para Ahli Diharap Bisa Pulihkan Perekonomian

Rekomendasi Para Ahli Diharap Bisa Pulihkan Perekonomian
Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Medan, Khairul Syahnan, Rabu (12/8). (ANTARA/HO)

Analisadaily.com, Medan - Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Medan bersama Tim Ahli Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 berupaya melakukan analisis recovery ekonomi untuk pemulihan ekonomi akibat dampak virus Corona.

"Seperti yang diketahui, akibat adanya wabah Corona melanda Indonesia, membuat perekonomian Kota Medan mengalami perlambatan yang signifikan," kata Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Medan, Khairul Syahnan, Rabu (12/8).

Ia berharap dari analisis ini dapat mengeluarkan rekomendasi yang tepat yang memiliki dasar hukum sehingga ekonomi yang ada di Kota Medan dapat pulih seperti sedia kala.

"Kami sebagai pemerintah dan ibu sebagai ahli ekonomi dan kesehatan dapat memberikan masukan agar kami bekerja berdasarkan dengan ketentuan Undang-Undang Dasar (UUD),” sambung Khairul dilansir dari Antara.

“Ada dasar-dasarnya kami melaksanakan rekomendasi ini, ada dasar hukumnya, ada data-data dan ada respondennya yang bisa dipertanggungjawabkan, kami sangat berharap banyak terutama Pemkot Medan tentang keberhasilan ini," ujarnya.

Pelaksana tugas Kepala Penelitian dan Pengembangan Medan, Purnama Dewi menjelaskan, Balitbang Kota Medan bersama tim ahli juga telah mengeluarkan dua Peraturan Wali Kota Medan.

"Dalam rangka pemulihan ekonomi, kita akan melakukan analisis yang nantinya dapat mengeluarkan rekomendasi yang dapat dilakukan Pemkot Medan. Kalau dulu tim ahli ini terdiri dari 3 ahli kesehatan dan 1 ahli ekonomi, sekarang dibalik 1 ahli kesehatan dam 3 ahli ekonomi tim dari Universitas Sumatera Utara (USU)," kata dia.

Purnama berharap tim ahli dapat menganalisis kondisi ekonomi di Kota Medan sehingga melahirkan rekomendasi yang harus dilakukan Pemkot Medan dalam rangka recovery ekonomi untuk memperbaiki kondisi ekonomi di Kota Medan.

"Selanjutnya rekomendasi dari mereka ini nanti yang akan dilaksanakan Pemkot Medan yang tentunya melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untukk menggerakkan kembali dan memulihkan perekonomian di Kota Medan," tambah Purnama.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi