Asahan Diharapkan Jadi Wilayah Penghasil Pisang

Asahan Diharapkan Jadi Wilayah Penghasil Pisang
Proses pengembanganbiakan bibit pisang oleh PT Hijau Surya (Analisadaily/Arifin)

Analisadaily.com, Kisaran - Laboratorium PT Hijau Surya yang berada di Kelurahan Sei Renggas, Kecamatan Kisaran Barat, Kabupaten Asahan, sedang mengembangbiakan dua jenis pisang.

Hal itu disampaikan pimpinan Laboratorium PT Hijau Surya, Irwansyah Tjong, saat menerima kunjungan Bupati Asahan, Surya, Sabtu (15/8).

"Ada dua jenis pisang melalui kultur jaringan yaitu pisang ameh pasaman dan pisang barangan merah. Pisang yang dikembangkan itu merupakan sebuah harapan untuk menjadi sumber benih pisang komersil di Kabupaten Asahan bahkan luar Asahan," kata Irwansyah Tjong.

Irwansyah menjelaskan proses pengembangbiakan pisang lewat kultur jaringan tersebut dimulai sejak 2018. Ditargetkan pada 2020 bisa menghasilkan 10.000 sampai 20.000 tunas bibit pisang.

"Selanjutnya bibit akan didistribusikan kepada masyarakat, bukan hanya di Kabupaten Asahan tapi kita sudah melakukan pengiriman hampir ke seluruh wilayah Indonesia," terang Irwansyah.

Menurutnya satu pohon pisang barangan merah rata-rata bisa menghasilkan 20 Kg dan dalam dua tahun bisa dilakukan tiga kali panen yaitu bulan ke-10, ke-15 dan ke-20.

"Kepada masyarakat Kabupaten Asahan yang memiliki lahan, PT Hijau Surya juga siap untuk melakukan MoU dalam pengembangan pohon pisang sekaligus pendampingan dan siap menampung hasil panennya ini sebagai wujud kepedulian PT Hijau Surya kepada masyarakat di mana perusahaan ini berdiri," tegasnya.

Sementara Bupati Asahan, Surya, berharap dengan adanya laboratorium ini bisa memproduksi bibit pisang untuk dikomersialkan.

"Diharapkan laboratorium ini siap memproduksi bibit pisang komersial secara global untuk masyarakat petani di Kabupaten Asahan," ujar Surya.

Menurut Surya, laboratorium kultur jaringan yang dikembangkan PT Hijau Surya merupakan yang pertama di Kabupaten Asahan.

"Menurut informasi yang kita dapat, laboratorium ini merupakan yang pertama di Kabupaten Asahan dan terbesar di Sumatera Utara. Diharapkan laboratorium ini mendukung upaya kecukupan benih pisang komersial di Kabupaten Asahan bahkan seluruh Indonesia. Diharapkan bisa mengekspor ke luar negeri," ujarnya.

Surya juga menginstruksikan kepada Dinas Pertanian Kabupaten Asahan agar melakukan pendataan mengenai kebutuhan bibit pisang di Asahan untuk selanjutnya melakukan kerja sama dengan PT Hijau Surya.

"Semoga ke depan Kabupaten Asahan dapat menjadi salah satu daerah penghasil pisang barangan merah dan dapat meningkatkan penghasilan masyarakat," tukas Surya.

(ARI/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi