Jawa Barat Bersiap Hadapi Gelombang Wisatawan

Jawa Barat Bersiap Hadapi Gelombang Wisatawan
Salah satu seni tari dari Provinsi Jawa Barat (Jabar) (Analisadaily/Istimewa)

Analisa daily.com, Jakarta - Pariwisata di Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang terpuruk akibat pandemi Covid-19 mulai bangkit di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dan bersiap-siap menghadapi gelombang wisatawan domestik.

Kepala Dinas Pariwisata & Kebudayaan Provinsi Jabar, Dedi Taufik mengungkapkan, pariwisata Jabar secara bertahap mulai bangkit yang ditandai dengan ramainya tempat-tempat wisata seperti kawasan puncak.

“Setelah berbulan-bulan pandemi Covid-19, kini pariwisata Jabar secara bertahap mulai bangkit lagi, tentu dengan penerapan protokol kesehatan,” ungkapnya, Minggu (30/8).

Dalam menghadapi gelombang kedatangan wisatawan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar telah melakukan berbagai persiapan dengan langkah paling utama adalah memastikan kesiapan destinasi pariwisata benar-benar aman.

“Harus dipastikan setiap destinasi wisata tak hanya menerapkan protokol kesehatan saja, akan tetapi wajib memiliki manajemen penanganan pencegahan penyebaran dan penularan Covid-19,” sebutnya.

Direktur Komunikasi Pemasaran Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Martini Mohamad Paham mengungkapkan, Jabar seolah mendapatkan berkah dari pandemi Covid-19.

“Sekalipun pandemi Covid-19 sangat memukul berbagai sektor, khususnya pariwisata, tetapi bisa saya bilang Jabar ini posisinya sudah kuat,” ungkap Martini.

Direktur Wisata Alam, Budaya & Buatan Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Alexander Reyaan, memberikan gambaran program yang sedang disiapkan Kemenparekraf untuk merangsang bangkitnya pariwisata Indonesia.

“Bulan September mendatang, Kemenparekraf telah menyiapkan Program Pemulihan Perekonomian Nasional dan siap menggandeng sebanyak-banyaknya pihak,” jelas Alexander.

(TRY/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi