Warga Antusias Sambut Program Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM USU

Warga Antusias Sambut Program Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM USU
Program pengabdian kepada masyarakat LPPM USU (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tualang Gepang - Warga Dusun Tualang Gepang, Desa Sampe Raya, Kecamatan Bahorok, Langkat, antsuias menyambut program pengabdian kepada masyarakat LPPM USU. Hal ini terungkap dalam diskusi terkait pengelolaan potensi wisata berupa sadar wisata sungai kerapu serta pencegahan Covid-19.

Pada pertemuan yang dilaksanakan di Los (Balai) Tualang Gepang ini, Gustanto, selaku ketua dari program pengabdian masyarakat LPPM USU mengungkapkan kepada masyarakat betapa besarnya potensi wisata yang ada di daerah mereka, serta peluang masyarakat setempat dalam mengelola dan mengembangkan wisata.

“Keindahan alam serta keragaman budaya yang ada di dusun Tualang Gepang adalah aset berharga sebagai dasar pengembangan wisata alam. Potensi ini juga didukung oleh letak objek wisata sungai kerapu yang tidak jauh dari bukit Lawang, selain itu juga masih bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser,” sebut Gustanto, Selasa (8/9).

Dengan begitu, Gustanto mengimbau kepada masyarakat untuk mulai mempersiapkan hal-hal yang dapat meningkatkan nilai jual wisata, dengan memulai dari hal-hal kecil seperti menjaga keasrian lingkungan dan mulai menata lokasi serta peta wisata, juga membentuk sebuah lembaga pariwisata masyarakat Dusun Tualang Gepang.

“Prosesnya tentu tidak instan, namun bila masyarakat kerja sama, pelan-pelan pasti akan membuahkan hasil, sembari juga dilakukan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat, terutama anak muda mengenai pemahaman dan pengelolaan daerah wisata,” jelas Dosen Pariwisata USU tersebut.

Mewakili warganya, Kepala dusun Tualang Gepang, Murniati, menyambut baik kegiatan ini dan berharap selanjutnya ada pelatihan khusus, serta bimbingan kepada masyarakat terkait pengelolaan wisata.

“Kami sangat senang dengan adanya kegiatan seperti ini, dan tentunya kami juga butuh bimbingan dari pihak bapak-bapak, dan berharap selanjutnya ada pelatihan bagi warga bagaimana mengelola pariwisata dengan baik,” ungkap Murniati.

Murniati juga mengimbau masyarakat Tualang Gepang untuk dapat mengambil nilai dari adanya kegiatan ini. Masyarakat harus lebih semangat dalam membangun daerah sendiri, terutama dalam hal pengembangan wisata di daerah mereka.

“Kita harus tingkatkan kepedulian kita dengan kampung kita sendiri, dan kita harus siapkan generasi muda kita untuk mampu mengembangkan daerah kita,” ujarnya.

Sungai kerapu merupakan objek utama yang menjadi andalan wisata di Dusun Tualang Gepang. Keindahan kawasan sungai kerapu ini diperkaya dengan vegetasi alam yang menarik, serta adanya tanaman langka bunga rafflesia yang tumbuh di kawasan hutan sungai kerapu.

Di kawasan hutan sungai kerapu yang masih merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) juga kerap muncul satwa endemik orang utan sumatera serta beragam jenis hewan endemik ekosistem Leuser lainnya.

Program pengabdian kepada masyarakat LPPM USU ini melibat kan tiga dosen, yaitu Ketua, Gustanto, dengan anggota, Mukhtar, dan Koko Sujatmoko.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi