63 Bakal Calon Peserta Pilkada Positif Covid-19

63 Bakal Calon Peserta Pilkada Positif Covid-19
Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap mengevakuasi pemilih yang pingsan saat akan melakukan pencoblosan ketika Simulasi Pemungutan Suara dengan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengend (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Analisadaily.com, Jakarta - Berdasarkan data terkini yang dicatat Komisi Pemilihan Umum (KPU) setidaknya ada 63 bakal calon peserta pemilihan kepala daerah (pilkada) telah terkonfirmasi positif Covid-19.

"Ada kurang lebih 63 bakal calon yang positif Covid-19, dari 1.470 bakal calon," kata anggota KPU, Viryan Aziz, saat diskusi virtual bertema 'Pilkada Serentak dan Kualitas Demokrasi di Era Covid-19, dilansir dari Antara, Sabtu (12/9).

Data bakal calon peserta pilkada yang terpapar Covid-19 itu sekitar 4-5 persen dari total bakal calon peserta Pilkada yang tersebar di berbagai daerah. Viryan mengingatkan persentase kecil tidak boleh menjadikan kelengahan terhadap bahaya Covid-19.

Viryan berpendapat, mengenai penyebab tertularnya bakal calon itu kemungkinan karena sangat tingginya aktivitas bakal calon untuk menyiapkan diri menghadapi kontestasi pilkada.

"Ini pendapat pribadi. Kemungkinan arena aktivitas yang sangat tinggi ya, misalnya, menggalang dukungan kursi untuk pencalonan. Itu kan bolak-balik Jakarta," sebutnya.

Dari pengamatannya meninjau persiapan pilkada di berbagai daerah, ia mengakui tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan pencegahan dan penanggulangan Covid-19 memang masih kurang.

Menurut Viryan, tidak heran adanya fenomena 243 pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan bakal pasangan calon peserta pilkada saat pendaftaran, yakni dengan mengerahkan massa.

Jumlah pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 merupakan sepertiga dari total bakal pasangan calon peserta pemilu yang mencapai 735 bakal pasangan calon.

"Saya mengajak, dari kemarin kami intens rapat. Jangan sampai ini kita biarkan. Ini harus jadi cambuk untuk kita semakin bersungguh-sungguh," tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi