Kelengkapan Fasilitas Kesehatan di Batu Bara Akan Ditingkatkan

Kelengkapan Fasilitas Kesehatan di Batu Bara Akan Ditingkatkan
Bupati Batu Bara, Zahir saat berbicara di dalam Forum Koordinasi Gerakan Masyarakat Sehat saat pandemi Covid-19 di Aula Rumah Dinas Bupati Batu Bara. (Analisadaily/Alpian)

Analisadaily.com, Batu Bara - Bupati Batu Bara, Zahir mengatakan, akan meningkatkan kelengkapan fasilitas rumah sakit dan puskesmas yang ada di daerahnya. Untuk menunjang itu semua, dibutuhkan tenaga medis yang ahli.

“Puskesmas pembantu harus ada di tiap-tiap desa, dan sosialisasi protokol kesehatan tetap dilakukan. Serta membentuk relawan di masing-masing desa supaya masyarakat mau melakukan protokol kesehatan sepenuhnya,” kata Zahir dalam Forum Koordinasi Gerakan Masyarakat Sehat saat pandemi Covid-19 di Aula Rumah Dinas Bupati Batu Bara, Rabu (16/9).

Kepala Dinas Kesehatan Batu Bara, drg Wahid Khusyairi menuturkan, dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona, selaku pihak pemerintah melakukan 3T, yaitu Testing, Tracing, Treatment.

Dia menjelaskan, Testing mendeteksi orang yang tertular virus corona. Tracing untuk menelusuri kasus suspek, kasus probably dan kasus konfirmasi dengan tujuan isolasi mandiri. Treatment untuk menambahi fasilitas kesehatan di rumah sakit.

“Dan untuk masyarakat tetap melakukan 3M memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak,” tutur Wahid.

Wahid menambahkan dalam minggu ini akan hadir mobil PCR di Kabupaten Batu Bara untuk penangan wabah covid 19 yang hasilnya bisa diketahui kurang lebih delapan jam setelah test swab dilakukan, dan ini merupakan pertama kali untuk Provinsi Sumatera Utara.

(AP/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi