LIRA Deli Serdang Hasilkan Sejumlah Sikap dan Progja

LIRA Deli Serdang Hasilkan Sejumlah Sikap dan Progja
Rapat konsolidasi pengurus LIRA Kabupaten Deli Serdang. (Analisadaily/Amirul Khair)

Analisadaily.com, Lubuk Pakam - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kabupaten Deli Serdang menghasilkan sejumlah sikap terhadap kebijakan pemerintah serta fenomena sosial yang terjadi di tengah-tengah kehidupan masyarakat dan program kerja (progja).

“Alhamdulillah, hari ini kita menghasilkan sejumlah sikap dan program kerja yang akan menjadi acuan kita ke depan dalam berorganisasi di LIRA ini,” kata Bupati LIRA Deli Serdang, Muhammad Yahya Saragih dalam Rapat Koordinasi Pengurus, Selasa (22/9).

Sejumlah sikap yang disepakati yakni, secara keorganisasian LIRA Deli Serdang akan serius dan menempuh lajur hukum bila ada oknum yang mengatasnamakan dan menggunakan semua atribut organisasi untuk kepentingan pribadi maupun kelompok.

“Mulai hari ini kita bersikap dan akan bertindak serta menempuh lajur hukum bila ada oknum menggunakan atribut LIRA yang sah di bawah kepemimpinan Presiden LIRA Ollies Datau,” tegasnya.

Sikap lainnya LIRA Deli Serdang akan tampil sebagai mitra pemerintah untuk mendorong laju pembangunan. Namun akan tetap berada dalam koridor kritis terhadap kebijakan yang tidak berbasis kepentingan rakyat.

“Kita akan bermitra dengan pemerintah dan mendukung program pembangunan. Tapi kita juga akan tetap berada di garis kritis bila ada kebijakan pemerintah yang tidak berbasis kepentingan rakyat,” terangnya.

Dalam rapat konsolidasi tersebut, LIRA Deli Serdang juga mengkritisi maraknya kejahatan narkoba rentan merusak generasi bangsa yang dampaknya akan menghancurkan negeri ini. Tidak mungkin negeri ini ke depan akan maju bila dikelola orang-orang bodoh akibat narkoba.

Dapat dipastikan mental generasi Indonesia masa mendatang tidak akan berkualitas bila sudah menjadi pecandu narkoba dan mustahil negeri ini maju serta berkembang.

Karena itu LIRA Deli Serdang berharap, Pemkab Deli Serdang dan penegak hukum seperti polisi serta Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) bertindak serius dan tidak membiarkan khususnya mafia bandar narkoba.

“Kita berharap lembaga berwenang seperti BNN dan polisi tidak membiarkan bandar narkoba merajalela yang menghancurkan masa depan generasi kita. Narkoba saat ini sudah begitu meresahkan,” ucap Yahya.

Progja

Selain sikap organisasi, LIRA Deli Serdang juga menghasilkan sejumlah progja seperti, menjadikan kegiatan bakti sosial yang berdampak positif terhadap masyarakat menjadi program rutin bulanan melalui tajuk “LIRA Deli Serdag Berbagi”.

Progja lainnya mencoba membentuk unit usaha dalam pemberdayaan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan anggota LIRA serta memandirikan organisasi sehingga bisa membiayai progja yang dijalankan.

“Ini masih kita rumuskan apa bentuknya yang akan dijalankan. Tapi kita akan menjadikan ini untuk kesejahteraaan anggota serta kemandirian organisasi,” urainya.

(AK/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi