Kader PKK Desa Durian Bangun ‘Taman PKK’

Kader PKK Desa Durian Bangun ‘Taman PKK’
Puluhan Kader PKK Desa Durian saat membangun ‘Taman PKK’, Jumat (9/10). (Analisadaily/Amirul Khair)

Analisadaily.com, Pantai Labu - Kader Tim Penggerak Pemberdayaan Keluarga Sejahtera (TP-PKK) Desa Durian, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, secara bergotong royong membangun ‘Taman PKK” memanfaatkan lahan kosong yang tidak produktif milik masyarakat, di Dusun I, Jumat (9/10).

Aksi Gotong royong langsung dipimpin Ketua PKK Desa Durian, Ny Susanti Supiadi turut bersama Kepala Desa Supiadi, Sekretaris Desa Surya Wibowo. Kepala Dusun (kadus) I Wan Safrul Kadus Va Srianto, Kadus Vb Imam Surbakti dan sejumlah kader PKK.

Susanti menuturkan, pembangunan taman PKK dimaksudkan untuk edukasi kepada masyarakat khususnya kader PKK dalam menciptakan lingkungan bersih, sejuk, rapi, indah dan rindang sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) “Deliserdang Berseri”.

Selain itu, konsep taman yang dibangun secara sederhana tidak saja dihiasi sejumlah jenis bunga, tapi juga tanaman obat-obatan sebagai aptotik hidup yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk obat-obatan sehari-hari.

“Selain untuk keindahan, ada juga tanaman jenis obat-obatan sebagai apotik hidup. Ada nilai edukasi dan manfaatnya,” jelas Susanti.

Kepala Desa Durian Supiadi menuturkan, dirinya sangat mendukung semua kegiatan masyarakatnya yang positif. Pemberdayaan terhadap areal tidak produktif sangat baik dalam upaya mengedukasi masyarakat termasuk membangun ruang terbuka untuk rekreasi seperti taman PKK.

Supiadi juga mendorong agar masyarakat Desa Durian mampu memberdayakan lahan pekarangan rumahnya untuk tanaman produktif baik jenis tanaman aptotik hidup maupun bersifat ketahanan pangan seperti ubi kayu dan lainnya.

Dalam mendukung program pembangunan Pemkab Deli Serdang, upaya-upaya kecil yang dilakukan masyarakat sangat berkontribusi. Keberadaan taman PKK yang dibangun tersebut diharapkan bisa menjadi alternatif tempat wisata bagi masyarakat Desa Durian.

(AK/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi