Sinergitas KTNA-Topan RI Deliserdang Peduli Lingkungan di Tengah Pandemi

Sinergitas KTNA-Topan RI Deliserdang Peduli Lingkungan di Tengah Pandemi
Kapolresta Deliserdang, Kombes Pol Yemi Mandagi, disaksikan Ketua KTNA, Samsul Sinaga, menyerahkan bibit pohon kelapa untuk ditanam di kawasan pesisir Pantai Labu. (Analisadaily/Amirul Khair)

Analisadaily.com, Pantai Labu - Sebagai benduk kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Topan RI Kabupaten Deliserdang bersinergi dalam kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Covid-19 di kawasan pesisir Kecamatan Pantai Labu.

Sinergitas tersebut mengambil bentuk pembagian masker dan bibit pohon kelapa untuk masyarakat melalui perwakilan kepala desa, dihadiri Kapolresta Deliserdang, Kombes Pol Yemi Mandagi, Wakapolresta, AKBP P Julinato Siriat, Camat Pantai Labu, A. Fitriyan Syukri, dan Kades se-Kecamatan Pantai Labu.

Ketua KTNA Deliserdang, Samsul Sinaga mengatakan, bakti sosial Covid-19 yang digelar merupakan partisipasi kedua organisasi, mendukung program pemerintah terkait protokol kesehatan lewat pembagian masker serta peduli lingkungan di kawasan pesisir Kecamatan Pantai Labu yang dalam kondisi memprihatinkan karena abrasi semakin parah.

Kawasan pesisir tersebut sengaja dipilih menjadi pusat bakti sosial Covid-19 karena kondisi pantainya sangat tergerus abrasi akibat alam maupun perusakan lingkungan yang butuh kepedulian, sekaligus dorongan menggugah masayrakat untuk peduli terhadap lingkungan.

“Kita berharap, masyarakat patuh terhadap terhadap peraturan pemerintah terkait protokol kesehatan. Tapi juga secara ekonomi dan kepedulian terhadap lingkungan juga dilakukan,” ucapnya, Selasa (20/10).

Ketua Topan RI Deliserdang, Ibnu Abbas, yang turut didampingi Sekretaris, Yophi Herwanda, dan Bendahara, menambahkan, sinergitas Topan RI dan KTNA Deliserdang tidak akan sampai di sini saja. Ke depan program bakti sosial lainnya akan terus digulirkan, dan menjadi agenda selanjutnya.

“Kami agendakan tidak hanya sebatas ini. Bantuan sosial lainnya sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, baik dalam bentuk sembako maupun bantuan hukum,” ucapnya.

Kapolresta Deliserdang, Kombes Pol Yemi Mandadi, mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai bentuk mendukung program pemerintah, terlebih dalam situasi pandemi saat ini yang bermanfaat dalam memutus mata rata penyebaran Covid-19.

“Tentunya sangat bermanfaat di situasi pandemi ini. Di sisi lain memutus mata rantai penyebaran,” ungkap Kapolresta.

Kapolresta juga yakin, penyerahan seribu bibit kelapa punya manfaat dalam upaya meningkatkan program ketahanan pangan dalam jangka waktu panjang, serta akan dapat dirasakan masyarakat setempat pada saatnya kelak.

“Mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat setempat pada saatnya nanti,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu Kapolresta Deliserdang, Kombes Pol Yemi Mandagi, bersama WakaPolesta, AKBP Julianto Sirait, Ketua KTNA Deliserdang, Samsul Sinaga, Camat Pantai Labu, A. Fitriyan Syukri, menanam pohon di sekitar kawasan objek wisata bahari Pantai Baru, serta penyerahan secara simbolis 1.000 masker kepada perwakilan kepala desa.

(AK/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi