Lapas Lubukpakam Ciptakan Berbagai Inovasi Pelayanan Publik

Lapas Lubukpakam Ciptakan Berbagai Inovasi Pelayanan Publik
Kalapas Lubukpakam, Hudi Ismono, saat pemaparan. (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Lubukpakam - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Lubukpakam, Hudi Ismono, memaparkan perubahan dan inovasi yang dilakukan dalam mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Inovasi dipaparkan Hudi kepada tim Penilai Nasional (TPN) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Bikrokrasi, yang digelar secara virtual di Aula Lapas, Senin (26/10).

Dikatakannya, ada 6 area yang dilakukan perubahan-perubahan di Lapas Lubukpakam. Salah satunya meningkatkan Pelayanan Publik berbasis IT, seperti pendaftaran kunjungan online melalui aplikasi WhatsApp, Website, dan Aplikasi Lalupa Online yang dapat didownload di Play Store.

"Kita juga melakukan pembinaan kemandirian seperti kerajinan mebel, yang hasil produksinya dapat diorder di media sosial Facebook dengan akun BimkerLalupa," ucapnya.

Dijelaskan, capaian tersebut berhasil dilakukan atas buah kerja bersama seluruh Tim Pembangunan Zona Integritas dalam capaian di 6 area perubahan.

"Semangat berkinerja terbaik dalam mewujudkan reformasi birokrasi dan juga komitmen bersama dalam Pembangunan Zona Integritas telah kami tampilkan di paparan. Dan kami tetap konsisten mewujudkan pelayanan yang prima bagi masyarakat, dengan motto Bersahabat, yaitu Bersih, Santun, Harmonis dan Hebat," ujar Kalapas.

Pada sesi tanya jawab, lanjut Hudi, pihaknya dapat menjawab semua pertanyaan dari TPN. "Komitmen bersama ini kami tunjukkan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan, mampu dijawab oleh seluruh tim Pokja," kata dia.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada TPN dari Kemenpan RB yang memotivasi dan mendorong untuk terus mempertahankan pembangunan Zona Integritas (ZI) yang sudah dibentuk di Lapas Lubukpakam.

"Paparan dapat kami sampaikan dengan jelas. Semua pertanyaan dapat kami jawab dengan data dan bukti ril di lapangan," sebut Kalapas.

"Terima kasih saya ucapkan kepada semua rekan-rekan yang telah bekerja keras bahu membahu dalam membangun Zona Integritas menuju WBK/WBBM. Semoga dengan kerja keras dan komitmen yang kuat, kami yakin Lapas Lubukpakam dapat meraih WBK," pungkasnya.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi