Lahan Warga Seluas 1 Hektare Terbakar, Diduga Akibat Api Rokok

Lahan Warga Seluas 1 Hektare Terbakar, Diduga Akibat Api Rokok
Kebakaran lahan milik warga (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Siunggam - Diduga karena api rokok, sekitar 1 hektare lahan milik warga yang berada di Jalan Lintas Sumatera tepatnya di Desa Siunggam Tonga, Kecamatan Padang Bolak Tenggara, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), terbakar, Senin (26/10) malam.

Kabid Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Paluta, Imran Affandi Siregar menyebutkan, kebakaran lahan milik warga di Siunggam menghanguskan areal sekitar 1 hektare lebih, dan api berhasil dipadamkan.

“Upaya pemadaman dilakukan Satgas BPBD Paluta turun ke lokasi dibantu masyarakat, pihak kecamatan, TNI dan Polri memadamkan api dengan alat pompa gendong serta pemukul api,” kata Imran, Selasa (27/10).

Setelah berusaha lebih dari 2 jam, akhirnya tim gabungan yang diturunkan untuk menaklukkan kobaran api yang membakar lahan warga itu, berhasil memadamkannya, dan mengisolasi penyebaran kebakaran.

“Sekitar pukul 22.00 WIB api sudah dapat dipadamkan,” tegasnya.

Saat ini api sudah berhasil dipadamkan, namun kawasan perbukitan termasuk lokasi yang terbakar di Kecamatan Padang Bolak Tenggara, masih dalam pemantauan.

“Kita mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan pertanian, karena saat ini kondisi cuaca panas dan sangat mudah terjadi kebakaran, untuk itu masyarakat hendaknya menjaga hal itu,” tandasnya

(ONG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi