Master Tumanggor Punya Andil Besar Dalam Food Estate Pakpak Bharat

Master Tumanggor Punya Andil Besar Dalam Food Estate Pakpak Bharat
Anggota DPR RI, Junimart Girsang, menghadiri kampanye pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Pakpak Bharat, Franch Bernhar Tumanggor-Mutsyuhito Solin, di Panjaratan, Kecamatan Kerajaan. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sidikalang - Anggota Komisi 2 DPR RI, Junimart Girsang mengatakan, penetapan Kabupaten Pakpak Bharat disertakan dalam pengembangan food estate tidak lepas dari andil mantan Bupati Dairi, Master Parulian Tumanggor.

“Itu tidak terbantahkan. Tumanggor punya komunikasi mumpuni dan merupakan teman akrab Menko Investasi Luhut Binsar Panjaitan,” kata Junimart kepada wartawan di Sidikalang, Kamis (29/10).

Disebutkannya, salah satu kunci ‘menjolok kue pembangunan’ adalah komunikasi politik. Yakni, ucapannya bisa dipercaya dan diyakini punya komitmen, serta punya argumentasi dan data akurat.

“Tumanggor memang bukan pejabat pemerintahan, tetapi yang bersangkutan punya koneksi luas ke lingkup kementerian dan senator. Kali ini, Tumanggor lebih serius memajukan Pakpak Bharat. Itu punya kaitan dengan pencalonan bupati, Franch Bernhar Tumanggor,” sebutnya.

Penetapan Kabupaten Humbang Hasundutan dan Tapanuli Utara, juga tidak lepas dari kedekatan kepala daerah dengan Luhut. Bupati Nikson Nababan dan Dosmar Banjarnahor punya hubungan baik dengan Luhut.

“Apalagi, anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan, Sukur Nababan adalah abang kandung Nikson. Demikian Tapanuli Tengah, Bupati Ahnad Sibarani piawai menjalin pertemanan,” ucap Junimart.

Lalu kenapa Kabupaten Dairi tak dibahas Presiden Joko Widodo saat kunjungan di Humbahas, Selasa (27/10), Junimart menngungkapkan, semuanya kembali ke komunikasi politik.

Sebagai orang yang turut berkontribusi bagi pemenangan Bupati Eddy KelengAte Berutu-Jimmy Sihombing pada Pilkada 2018, Junimart berpandangan, pola komunikasi Eddy tidak mantap. Legislator ini mengaku kecewa terhadap kepemimpinan Eddy-Jimmy. Dia belum melihat perubahan yang dikampanyekan.

Junimart mengutarakan, banyak membantu bupati dari daerah lain. Dia tinggal telepon ke rekan senator atau mempertemukan dengan pejabat di kementerian.

“Kunci utama adalah menjalin komunikasi,” tandas mantan pengacara itu.

(SSR/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi