Dukung Pemerintah Atasi Covid-19, Siloam Hospital Sediakan Tes Molekuler Isotermal

Dukung Pemerintah Atasi Covid-19, Siloam Hospital Sediakan Tes Molekuler Isotermal
Tes Molekuler Isotermal (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Tes yang dilakukan secara masif dan massal untuk seluruh lapisan masyarakat masih menjadi salah satu solusi efektif mengatasi pandemi virus corona Covid-19.

Pasalnya, semakin cepat pasien teridentifikasi dan tertangani, semakin cepat pula wabah Covid-19 dapat tertanggulangi. Masyarakat didorong untuk melakukan tes secara rutin, terutama dengan hasil yang cepat dan akurat demi keamanan pasti dalam beraktivitas dan bermobilitas.

Memasuki bulan ke-9 pandemi, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mencatat 474.455 kasus terkonfirmasi Covid-19 di Indonesia dengan angka kematian sebesar 15.393 dan 398.636 orang sembuh.

Masih tingginya angka di Indonesia tak lepas dari fakta di lapangan yaitu masih kurang meratanya fasilitas laboratorium untuk menguji semua kasus suspek. Oxford University’s Our World in Data yang merilis data tes harian per 1.000 orang menunjukkan per 17 November 2020 Indonesia telah menguji 0.12 orang per 1.000 setiap harinya selama rata-rata 7 hari.

Angka itu masih sangat kecil dibandingkan dengan negara lainnya di Asia, seperti Filipina 0.25 per 1.000, Malaysia 0.55 per 1.000, dan India 0.72 per 1.000.

Untuk menjawab permasalahan tersebut dan mendukung pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19, Siloam Hospitals menghadirkan tes molekuler isotermal di Indonesia. Tes molekuler isotermal merupakan metode terbaru deteksi Covid-19 dengan performa tinggi.

Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Group, Caroline Riady mengatakan, pengumpulan sampel untuk tes ini dilakukan melalui usapan (swab) nasofaring, di mana metode tes molekuler isotermal menggunakan amplifikasi asam nukleat isotermal yang dapat menghasilkan waktu proses pemeriksaan lebih singkat dengan sensitivitas hasil tes 95.0 persen dan spesifisitas 97.9 persen.

"Dengan tersedianya layanan tes molekuler isotermal di jaringan rumah sakit kami di seluruh Indonesia, masyarakat akan semakin mudah untuk mendapatkan akses terhadap tes Covid-19 dengan performa tinggi. Siloam Hospitals Group bersyukur dapat terus melayani dan memastikan terpenuhinya kebutuhan kesehatan masyarakat Indonesia melalui penyediaan tes Covid-19 yang komprehensif mulai dari tes antibodi (rapid dan serologi), antigen (swab antigen), hingga molekuler (RT-PCR dan isotermal). Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan pilihan tes yang tersedia di jaringan rumah sakit kami untuk kesehatan dan keamanan bersama," katanya, Sabtu (21/11).

Di kesempatan yang sama, pakar Patologi klinis Universitas Indonesia (UI), Prof. Siti Boedina menyatakan tes PCR terbagi dua yakni tes molekuler isotermal dan RT-PCR. RT-PCR mendeteksi protein virus. Secara umum, dua-duanya mendeteksi materi virus.

"Tes ini (tes molekuler isotermal) mendeteksi DNA virus," papar Prof. dr. Siti Boedina Kresno, Sp. PK (K) pakar patologi klinis Universitas Indonesia (UI) melalui virtual press conference yang digelar Siloam Hospitals.

"Untuk tes molekuler isotermal, alatnya simpel dan bisa dibawa ke mana-mana. Pemeriksaannya juga tak butuh proses lama. Hanya sekitar 30 menit, sudah ada hasil yang bisa dijadikan pegangan soal kondisi kesehatan seseorang," ucapnya yang juga merupakan Konsultan Laboratorium di Siloam Hospitals.

Tes molekuler isotermal tersedia di seluruh rumah sakit Siloam Hospitals Group. Selain digunakan untuk pasien dengan onset gejala kurang dari 7 hari, tes ini sangat sesuai digunakan untuk kasus gawat darurat di IGD, tindakan operasi yang harus segera dilakukan, serta rawat inap.

Dengan sifatnya yang portabel atau mudah dibawa, layanan tes molekuler isotermal pun tidak terbatas hanya di lingkungan rumah sakit saja.

"Bagi masyarakat yang sudah mulai berkegiatan dengan jumlah peserta terbatas, misalnya acara resepsi pernikahan, pertemuan sosial atau kantor, layanan tes ini juga dapat digunakan. Selain itu, kami juga menyediakan layanan tes di rumah," tambah Caroline.

Hingga saat ini, Siloam Hospitals telah melakukan lebih dari 1.000.000 tes Covid-19 atau berkontribusi hampir 5 persen terhadap pangsa nasional dan merawat lebih dari 9.000 kasus terkonfirmasi positif.

Penyediaan tes dengan metode baru ini diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih lagi untuk mengatasi pandemi, termasuk mengakhiri pola penyebaran Covid-19 seefektif mungkin.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi