Longsor, Jembatan di Jorlang Hataran Simalungun Amblas

Longsor, Jembatan di Jorlang Hataran Simalungun Amblas
Jembatan di Jorlang Hataran yang amblas akibat lonsong (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jorlang Hataran - Hujan deras yang mengguyur kawasan Simalungun menyebabkan tanah longsor di sekitar Jembatan Bah Hilang, Jalan Besar Siantar-Parapat Km 12, Kelurahan Tiga Balata, Kecamatan Jorlang Hataran, Jumat (20/11). Akibatnya arus lalu lintas sempat terhambat.

Kapolres Simalungun, AKBP Agus Waluyo, mengatakan longsor tersebut akibat sungai yang berada di bawah jembatan meluap sehingga mengikis tanah di sekitarnya.

"Longsor terjadi pada Jumat (20/11) sekitar pukul 22.00 WIB. Untuk dugaan sementara, longsor disebabkan oleh curah hujan yang cukup tinggi sehingga volume air di bawah jembatan naik serta mengikis tanah yang ada di bawah jembatan tersebut," kata Agus, Sabtu (21/11).

Agus menuturkan, saat ini kondisi air sudah mulai surut. Petugas juga terus melakukan penguraian arus lalu lintas yang sebelumnya sempat terhambat.

"Untuk mengurangi dampak kemacetan arus lalu lintas di jalan yang rusak, kami melakukan upaya satu jalur dan sudah dapat dilalui oleh kendaraan bermotor dengan sistem buka tutup dari arah Pematangsiantar maupun dari arah Parapat," jelasnya.

Menurutnya dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa maupun korban material. Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dalam berkendara.

"Untuk masyarakat pengguna jalan selalu berhati-hati, patuhi rambu-rambu dan disiplin mengikuti aturan berlalu lintas."

"Dan masyarakat apabila masuk wilayah Kabupaten Simalungun, gunakan aplikasi Horas Paten apabila ada hal-hal yang penting, bisa tekan panic buton," imbaunya.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi