Jangan Takut Berurusan dengan Jaksa

Jangan Takut Berurusan dengan Jaksa
Dialog interaktif Kejaksaan Negeri Binjai. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Kejaksaan Negeri Binjai berkomitmen untuk terus melakukan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat di tengah kondisi pandemi Covid-19. Tentu saja dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, menerima kasus perkara dan melakukan persidangan secara Online.

Kejari Binjai selama masa pandemi ini tetap melaksanakan tugas dan fungsinya melayani masyarakat untuk mendapatkan kepastian hukum sesuai semboyan Hukum “Fiat Justitia Ruat Caelum”, yang berartinya Hendaklah keadilan di tegakkan, walaupun langit akan runtuh.

Hal itu kata Kepala Kejaksaan Negeri Binjai, Andri Ridwan, ketika berdialog interaktif di Radio Kardopa 2 di Binjai Kota pada 18 November 2020 Pukul 09.00 – 10.00 WIB.

Dialok Interaktif melalui Jaksa Menyapa bersama Andri Ridwan dan Kasi Intelijen, Iwan Roy Carle.

Saat berdialog dengan penyiar, Andri mengajak masyarakat untuk tidak takut dan tidak ragu berurusan dengan Jaksa.

“Karena Kejaksaan saat ini ingin mengubah persepsi masyarakat tentang hukum yang tunpul ke atas dan tajam ke bawah,” kata Andri.

Kejari juga menjelaskan tentang tugas dan wewenangnya dalam hukum negara tentang pemberantasan Korupsi hingga sampai sejauh mana peran jaksa dalam penanganan kasus korupsi.

Kejaksaan Negeri Binjai juga mengoptimalkan beberapa layanan selama masa pandemi Covid-19 ini

“Salah satunya dengan Layanan “Si Bolang” Sistem layanan antar barang bukti dan tilang lewat online dengan nomor WHATSAAP : Tilang : 08236190429 (TIWI), Barang Bukti : 081269195054 (LEO),” sambungnya.

Dan sampai saat ini jumlah data tilang yg telah diantar sebanyak 40 perkara, sedangkan jumlah data barang bukti yg telah diantar langsung kepada masyarakat mencapai 29 Perkara.

Kejari Binjai juga melaksanakan Penerangan/Penyuluhan hukum melalui Jaksa masuk sekolah online (JMS Online).

Juga melakukan penerangan/penyuluhan hukum melalui video pendek yg disebar di seluruh kanalmedia sosial resmi kejaksaan negeri binjai dengan nama akun: Youtube: Kejaksaan Negeri Binjai: Instagram: @kejariBinjai, Twitter: @kejariBinjai, Facebook: Kejaksaan Negeri Binjai, Email: [email protected] dan Website: www.kejari-binjai.go.id.

Kata dia, Kejari Binjai siap dan mendukung lancarnya pilkada serentak dan pihak Kasi Intelijen terus memantau kegiatan kegiatan yang dilakukan oleh paslon.

Terkait hal jtu Kejari Binjai telah membentuk Posko pemilu di kantor Kejaksaan negeri binjai dengan membentuk Sekretariat posko pemilu dan membuat jadwal piket petugas posko pemilu.

Untuk memaksimalkan pencegahan pelanggaran pengawasan pelaksanaan pilkada serentak dan meminimalisir terjadinya tindak pidana pelanggaran pilkada melalui wadah Gakkumdu.

Andri berpesan kepada Masyarakat khususnya warga binjai untuk tidak takut melaporkan apapun tentang tindak pidana dan perdata kepada Jaksa.

Kajari juga berpesan kepada para Paslon Pilkada agar selalu mematuhi Aturan pemilu dengan baik jangan curang dan Selalui diingatkan agar selalu mematuhi Protokol Kesehatan.

“Kepada Pimpinan Kardopa Group Ibu Tiorida Simanjuntak Terima kasih atas kehadiran Radio Kardopa 2 di Binjai yang sudah membantu menginformasikan Peran Jaksa di masyarakat khususnya Binjai,” tambahnya.

(HERS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi