Sangkala Dirikan Dapur Umum untuk Korban Banjir

Sangkala Dirikan Dapur Umum untuk Korban Banjir
Dapur umum didirikan Sangkala untuk korban banjir (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Banjir merendam rumah warga di Kelurahan Jati, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan. Banjir terjadi akibat meluapnya Sungai Deli.

Untuk meringankan beban dan membantu korban banjir di Kelurahan Jati, Lingkungan IV, Kelompok Penggemar Kegiatan di Alam Bebas, Sangkala, mendirikan dapur umum.

Ketua Sangkala, Sutres Sitorus mengatakan, dapur umum disiapkan untuk memenuhi kebutuhan warga terdampak banjir, seperti konsumsi untuk pagi dan siang hari.

Sangkala dirikan dapur umum (Analisadaily.com/Istimewa)
"Kita juga menyalurkan logistik dari para donatur untuk warga terdampak banjir," kata Sutres, Sabtu (5/12).

Dijelaskannya, selain mendirikan dapur umum, para anggota Sangkala juga membantu para warga membersihkan tempat tinggal dari tumpukan sampah dan lumpur sisa banjir.

"Di Lingkungan IV, Kelurahan Jati, ada sekitar 8 rumah terdampak. Saat ini kita masih memantau perkembangan. Sebab air baru mulai surut," jelasnya.

Dapur umum (Analisadaily.com/Istimewa)
Kepala Lingkungan IV, Kelurahan Jati, Pipiet Andriani menyebut, rumah warga di lingkungannya ada sekitar 15. Rumah warga terdampak banjir ada 8, rata-rata berada di pinggiran Sungai Deli.

"Bersama Sangkala, di dapur umum kita siapkan kebutuhan warga berupa konsumsi. Ini terus kita lakukan sampai kondisi kembali normal," sebutnya.

Untuk diketahui, tingginya curah hujan melanda Medan sejak Kamis (3/12) hingga Jumat (4/12) membuat Sungai Deli meluap, hingga menyebabkan banjir dan merendam rumah warga.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi