KPU Asahan Tetapkan Pasangan Surya-Taufik Peroleh Suara Terbanyak

KPU Asahan Tetapkan Pasangan Surya-Taufik Peroleh Suara Terbanyak
Ketua KPU Asahan, Hidayat SP, menyerahkan salinan hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara kepada Ketua Bawaslu Asahan, Khomedi Siambaton (Analisadaily/Arifin)

Analisadaily.com, Kisaran - Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Asahan tahun 2020 berlangsung di Aula Hotel Sabty Garden, Kisaran, Rabu-Kamis (16-17/12).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Asahan menetapkan pasangan Surya-Taufik memperoleh 139.005 suara atau 45 persen. Sementara pasangan Nurhazijah Marpaung-Henri Siregar memperoleh 101.124 suara atau 33 persen dan pasangan Rosmansyah-Winda memperoleh 67.985 suara atau 22 persen.

Untuk jumlah suara sah dalam Pilkada Asahan 2020 sebanyak 308.114. Sedangkan jumlah suara tidak sah 6.168 sehingga total suara sah dan tidak sah sebanyak 314.282.

Penetapan hasil rapat pleno itu dihadiri oleh Bawaslu Asahan, saksi para calon dan seluruh PPK.

Ketua KPU Asahan, Hidayat SP, mengucapkan terima kepada semua pihak yang telah mendukung proses rekapitulasi hasil perhitungan suara dan penetapan hasil pemilihan Bupati Asahan dan Wakil Bupati.

"Alhamdulillah dalam pelaksanaan Pilkada serentak di Kabupaten Asahan semuanya berjalan lancar, aman dan kondusif, baik itu di tingkat PPK, PPS, KPPS. Kita juga bersyukur sampai dengan hari ini penerapan protokoler kesehatan bisa dijalankan dengan baik," kata Hidayat SP, Kamis (17/12).

Lebih lanjut dia menyebut selama tahapan berjalan, tidak ada muncul pernyataan terkait munculnya kluster baru di TPS.

"Dalam penerapan protokol kesehatan semua masyarakat bisa mematuhinya dengan baik sehingga dalam pelaksanaan Pilkada serentak di Kabupaten Asahan dapat berjalan dengan sukses," ujarnya.

Hidayat juga mengucapkan terima kasih kepada Polres Asahan dan Kodim 0208/AS yang membantu dalam mengamankan seluruh tahapan Pilkada.

"Apalagi kemarin ada beberapa wilayah yang terkena musibah banjir yang mana penanganannya sangat cepat sehingga pelaksanaan pemungutan suara di TPS pada bulan Desember bisa terlaksana dengan baik," sebutnya.

"Begitu juga kepada pemerintahan Kabupaten Asahan yang mana telah memberikan dukungan moral, salah satunya adalah pihak yang terus memberikan arahan serta informasi kepada masyarakat untuk melakukan perekaman e-KTP yang menjadi tujuan dalam pelaksanaan Pilkada 2020," sambung Hidayat.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah membantu salah satunya adalah tokoh masyarakat, ormas yang mungkin tidak kita undang pada hari ini tapi kami yakin mereka mengharapkan seluruh tahapan Pilkada ini sampai dengan selesai berjalan dengan aman dan kondusif," tukasnya.

(ARI/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi