KPU Asahan Kirab Pemilu 2024

KPU Asahan Kirab Pemilu 2024
Kirab Pemilu 2024 (Analisadaily/Arifin)

Analisadaily.com, Kisaran - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Asahan menggelar Kirab Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Kamis (11/5).

Ketua KPU Kabupaten Asahan, Hidayat mengatakan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum mengamanatkan, Pemilu diselenggarakan dengan partisipasi masyarakat.

Kirab salah satu sosialisasi dan pendidikan kepada pemilih agar Pemilu tahun 2024 dapat tersosialisasikan secara masif, dan dibutuhkan kolaborasi multipihak dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat.

"Partisipasi masyarakat yang tinggi dan hasil pemilu secara kualitas dan kuantitas bisa diterima seluruh pihak, maka harus ada dukungan dan kerja sama seluruh pihak tanpa terkecuali dengan tetap mengedepankan norma dan regulasi yang ada," kata Hidayat.

Dia juga menjelaskan, salah satu kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih dalam rangka memperingati setahun menuju pemungutan suara Pemilu 2024 adalah pelaksanaan Kirab Pemilu dengan tema Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa.

"Kami berharap dukungan yang sebesar-besarnya dari Pemerintah Daerah, Forkopimda, Ormas dan OKP serta insan pers dan masyarakat. Doa kita bersama mudah-mudahan pelaksanaan pemilu berjalan dengan lancar, sukses, aman dan damai," harapnya.

Ketua KPU Sumut, Herdensi Adnin berharap melalui kegiatan kirab ini, seluruh masyarakat dapat mengetahui, hari, tanggal dan tahun pelaksanaan pemilu, sehingga masyarakat dapat menggunakan hak suaranya.

"Kami juga menyosialisasikan berbagai hal terkait partai peserta Pemilu 2024 kepada masyarakat. Jadi masyarakat mengenal partai yang akan ikut pemilu pada 2024," ucap Herdensi.

Staf Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, M Yusuf Lubis mengatakan, Kabupaten Asahan terdiri dari 25 Kecamatan, 204 Desa/Kelurahan, 2.449 TPS dan 568.266 pemilih.

"Untuk menciptakan pemilu tahun 2024, sebagaimana sarana integrasi bangsa, dibutuhkan peran dari semua pihak, oleh kerena itu dibutuhkan koordinasi dan kerja sama yang aktif dan efektif dari seluruh stakeholder pemilu, khususnya yang berada di Kabupaten Asahan," ucapnya.

Kegiatan dirangkai dengan deklarasi integritas Pemilu oleh Ketua KPU Kabupaten Asahan dan dilanjutkan dengan penyerahan pataka oleh KPU Serdang Bedagai ke KPU Kabupaten Asahan.

(ARI/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi