Ratusan Orang Melayat ke Rumah Duka Asner Silalahi

Ratusan Orang Melayat ke Rumah Duka Asner Silalahi
Pelayat mendatangi rumah duka Asner Silalahi (Analisadaily/Fransius Simanjuntak)

Analisadaily.com, Pematangsiantar - Ratusan pelayat secara bergantian mendatangi rumah duka kediaman almarhum Asner Silalahi, Wali Kota terpilih, di Jalan Sidamanik, Nomor 15B, Kelurahan Martimbang, Kecamatan Siantar Selatan, Jumat (15/1) sore.

Mulai dari keluarga besar, kerabat, organisasi kesukuan, tokoh agama, tim dan partai pendukung Asner Silalahi berdatangan ke rumah duka. Mereka, satu persatu mendekati peti jenazah dan menyampaikan duka cita.

Beberapa hal yang menarik perhatian, para pelayat memberikan dorongan agar putra sulung Asner Silalahi, Sondi Pittor Manahan Silalahi, menggantikan perjuangan sang ayah membangun Kota Pematangsiantar.

"Kita meminta Abang Sondi untuk memperjuangkan cita-cita tulang Asner Silalahi menjadi orang nomor dua di Kota Pematangsiantar," cetus pelayat, yang mana dukungan ini beberapa kali diucapkan oleh pelayat lainnya.

Di antara pelayat, tampak 2 politisi PDI-Perjuangan, yang merupakan partai pendukung Asner Silalahi-Susanti Dewayani di Pilkada Pematangsiantar, yaitu Astronout Nainggolan dan Timbul Lingga.

Timbul mengatakan, partainya membuka diri atas niatan pelayat maupun keluarga, bila mana putra Asner Silalahi ingin melanjutkan perjuangan sang ayah.

"Kita pasti terbuka. Kita akan sampaikan niat itu ke Partai," ujar Timbul Lingga, yang juga merupakan Ketua DPRD Pematangsiantar.

Liasion Officer (LO) Pemenangan Asner-Susanti, Mangasi Purba menyampaikan, dukungan untuk mengusung putra sulung Asner Silalahi sangat terbuka dan sah dalam peraturan perundang-undangan. Apalagi Sondi Pittor Manahan Silalahi telah cukup umur sebagai kepala daerah.

"Begini, soal itu sah-sah saja. Tetapi mekanismenya, kan, Bu Susanti dilantik dulu. Pak Asner akan dinyatakan berhalangan tetap. Setelah defenitif Bu Susanti, baru akan diusulkan (Sondi) ke DPRD Siantar. Berembuk dulu lah para partai pengusung," ujar Mangasi.

"Kalau dibilang mendukung, ini tergantung partai pengusung, ada 8 partai politik pengusung. Anak paling tua yang berpeluang, sudah 27 tahun. Tapi ini domain-nya partai pengusung," sambung Mangasi.

Ia menyampaikan, dalam suasana yang masih berduka, ada baiknya untuk mendoakan Asner Silalahi, yang sesuai rencana akan dimakamkan di Nagori Bah Sampuran, Kecamatan Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun.

Seusai acara jenazah Asner dibawa keliling Balaikota Pematangsiantar, Jalan Merdeka, Jalan Sutomo, kemudian langsung dibawa ke Manik Turunan, Sampuran.

(FHS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi