Berhasil Pimpin Tapsel, KNPI: Syahrul Pasaribu Pantas Jadi Role Model Kepemimpinan

Berhasil Pimpin Tapsel, KNPI: Syahrul Pasaribu Pantas Jadi Role Model Kepemimpinan
Syahrul Pasaribu. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Syahrul M Pasaribu baru saja mengakhiri masa jabatan sebagai Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel). Beragam capaian dan prestasi telah ditorehkan Syahrul selama memimpin Tapsel dua periode (2010-2021). Tangis haru ribuan ASN Pemkab Tapsel mengiringi Syahrul saat meninggalkan kompleks perkantoran Bupati Tapsel yang dibangun Syahrul saat menjabat.

Sejumlah pihak menilai, Syahrul adalah kepala daerah yang cukup berhasil semasa menjabat, inovasi dan kinerjanya dapat dirasakan masyarakat Tapanuli Selatan saat ini. Kompleks Perkantoran Bupati Tapsel yang megah menjadi salah satu warisan Syahrul yang dibanggakan masyarakat Tapanuli Selatan.

“Bang Syahrul pantas dijadikan role model kepemimpinan, wajah Kabupaten Tapanuli Selatan berubah signifikan selama ia memimpin, generasi muda pantas menjadikan beliau sebagai guru kepemimpinan,” ujar Ketua KNPI Sumatera Utara, Samsir Pohan di Medan, Rabu (17/2).

Samsir Pohan menuturkan, kepiawaian Syahrul M Pasaribu sebagai kepala daerah terlihat dari lahirnya optimisme di tengah masyarakat terhadap kinerja pemerintah. Hal ini dapat dilihat secara kualitatif maupun kuantitatif. Selain itu Syahrul meletakkan dasar-dasar pembangunan Tapsel yang modern dengan visi jangka panjang yang sangat jelas dan terukur

“Indikatornya sangat jelas, Tapsel 6 tahun berturut-turut meraih opini WTP dari BPK RI, angka kemiskinan Tapsel menurun, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) nya meningkat pesat. Bahkan kinerja Bang Syahrul menjadi legacy yang membanggakan, kita melihat wajah baru Tapsel ketika berkunjung ke kantor bupati yang megah dan asri,” ujar mantan Ketua Badko HMI Sumut ini.

Hal menarik lainnya kata Samsir adalah kemampuan Syahrul membangun kolaborasi dengan stakeholders yang ada di Tapsel. Ini terlihat jalinan kerja sama yang sangat baik dengan sektor swasta yang pada akhirnya memicu pertumbuhan Tapsel dengan lebih cepat dan lebih baik.

“Bang Syahrul sudah bisalah bersiap diri untuk masuk ke wilayah pengabdian yang lebih luas. Tangan dingin, kegigihan dan totalitas beliau dalam memimpin sangat dibutuhkan,” tutupnya.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi