BMKG Deteksi 21 Titik Api di Sumatera Utara

BMKG Deteksi 21 Titik Api di Sumatera Utara
Peta titik api di Sumatera Utara (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Sebanyak 21 titik panas terdeteksi oleh Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Kamis (18/2).

"Berdasarkan pantauan Sensor Modis (Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20) ke-21 hotspot tersebut bahkan tersebar di 9 Kabupaten/Kota di wilayah Sumatera Utara," kata Staf Playanan Jasa BBMKG WIlayah I Medan, Martha Manurung.

Martha menjelaskan, titik panas terbanyak terdapat di Kabupaten Karo dengan 5 hotspot, yakni masing-masing 1 titik di Kecamatan Tiga Binaga, Juhar, Mardinding dan 2 titik di Kecamatan Munte.

Berikutnya di Kabupaten Dairi juga terdapat 5 hotspot, yakni masing-masing 2 titik di Kecamatan Tanah Pinem dan Siempatnempu dan 1 titik di Kecamatan Sidikalang.

Kemudian sebanyak 4 hotspot di Kecamatan Lubuk Barumun Kabupaten Padang Lawas dan 2 hotspot di Kecamatan Sidimpuan Barat Tapanuli Selatan. Lalu masing-masing 1 hotspot di Kecamatan Kerajaan Kabupaten Pakpak Bharat.

"Selanjutnya juga 1 hotspot di Kecamatan Siluka Henan Serdang Bedagai, 1 hotspot di Kecamatan Barus Tapanuli Tengah. Terakhir 1 hotspot di Kecamatan Sunggal Deliserdang dan 1 hotspot di Kecamatan Kolang Sibolga," jelas Martha.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi