Jangan Beralih ke Kartu Pascabayar sebelum Pahami Pro Kontra di 4 Aspek Ini

Jangan Beralih ke Kartu Pascabayar sebelum Pahami Pro Kontra di 4 Aspek Ini
ilustrasi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Disadari atau tidak, peradaban manusia saat ini lambat laun sudah memasuki ke industri 4.0 atau industri digital. Hampir semua aktivitas dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia dewasa ini sedikit banyak sudah tersentuh dengan teknologi otomasi, komputer, serta jaringan internet. Salah satu bukti yang paling gampang dicermati adalah kebutuhan internet dan smartphone yang semakin sulit untuk diabaikan.

Baik internet dan juga smartphone memang berguna untuk mengatasi masalah keterbatasan waktu serta menunjang efisiensi kerja. Sebagai contoh, seseorang bisa berkomunikasi dan berdiskusi perihal masalah pekerjaan dengan lebih mudah dan praktis melalui smartphone yang terhubung ke internet. Bahkan, peran dari dua teknologi ini baru benar-benar terasa di saat adanya anjuran untuk bekerja dari rumah akibat pandemi.

Akhirnya, mau tidak mau Anda harus berusaha untuk menyediakan koneksi internet pada smartphone agar tidak ketinggalan update penting yang dibagikan oleh rekan kerja. Namun, mengingat paket internet dibanderol dengan harga yang relatif tinggi, Anda mungkin mencari cara agar pengeluaran bisa tetap terjaga.

Salah satu solusi yang terpikirkan mungkin beralih ke kartu SIM dengan layanan pascabayar. Ya, kartu pascabayar memang menawarkan berbagai keuntungan kepada penggunanya, seperti pembayaran yang dilakukan rutin di akhir bulan, paket internet lebih terjangkau, serta memiliki banyak potensi promo.

Meski begitu, pemakaian kartu pascabayar ternyata juga memiliki sisi negatifnya juga yang pastinya perlu Anda pertimbangkan pula dampaknya. Nah, agar tidak menyesal di kemudian hari, pahami dulu kelebihan dan kekurangan kartu pascabayar di 4 aspek krusial berikut ini.

  • Akses Layanan
Sesuai namanya, pengguna kartu pascabayar baru bisa menggunakan layanan seluler tanpa harus membeli pulsa atau paket layanan terlebih dahulu. Asal rutin membayar tagihannya setiap akhir bulan, Anda bisa memanfaatkan layanannya kapanpun dibutuhkan, termasuk di kondisi yang mendesak sekalipun.

Namun, di sisi lain, tanpa adanya sikap yang bijak, sistem pembayaran ini berisiko untuk membuat pengeluaran semakin boros. Jadi, tetap batasi pemakaian maksimal kartu pascabayar agar tagihannya tidak membengkak dan masih aman bagi kondisi keuangan.

Misalnya, Anda pengguna layanan paket internet Indosat. Setiap bulan Anda membayar 100 ribu Rupiah untuk layanan internet yang digunakan. Pertimbangkan dan hitung kembali apakah itu sudah cukup memenuhi kebutuhan atau tidak. Jangan saat Anda beralih ke pascabayar, malah nanti pembayaran tagihan akan semakin mahal.

  • Kualitas Jaringan
Saat pertama kali beralih ke kartu pascabayar, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa koneksi internet yang diterima begitu cepat? Ya, kualitas jaringan ciamik memang menjadi salah satu kelebihan dari layanan ini.

Pasalnya, jaringan internet pada kartu pascabayar sudah menggunakan 4G LTE. Selain itu, karena jumlah penggunanya di Indonesia belum terlalu banyak, Anda akan selalu merasakan jaringan prioritas saat terkoneksi ke internet dengan kartu pascabayar.

Sisi negatifnya, kelebihan dari kartu pascabayar ini akan terasa pecuma jika Anda tergolong sebagai pengguna yang jarang terhubung ke dunia maya. Dalam kata lain, meski mendapatkan jaringan internet 4G LTE dan diprioritaskan, Anda tidak akan merasakannya. Jadi, ketahui dulu kebiasaan pemakaian layanan seluler Anda sebelum memutuskan untuk beralih ke layanan ini.

  • Promo yang Ditawarkan
Pengguna kartu pascabayar di Indonesia memang belum sebanyak kartu prabayar. Karena itu, operator seluler berusaha bagaimana cara agar lebih banyak masyarakat tertarik untuk menggunakan layanan tersebut. Salah satu upayanya adalah dengan menawarkan banyak promo yang ampuh menarik perhatian konsumen.

Tak tanggung-tanggung, promosi yang ada pada layanan pascabayar bisa sangat menguntungkan. Setidaknya mampu membuat pengeluaran menjadi jauh lebih hemat dari biasanya.
Kontranya, promo yang menggoda ternyata memiliki sejumlah syarat dan ketentuan yang mungkin tidak dipenuhi oleh pengguna kartu pascabayar. Alhasil, niat untuk berhemat berubah menjadi malapetaka bagi finansial. Oleh karena itu, cermati dulu kriteria mendapatkan promo tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhan atau pemakaian Anda.

  • Nomor Ponsel
Salah satu pemikat utama mengapa orang tertarik menggunakan kartu pascabayar adalah bisa memilih sendiri nomor yang ingin digunakan. Karenanya, Anda bisa memiliki nomor seluler yang cantik, serta dapat menjadi identitas eksklusif dan mudah diingat oleh rekan, juga relasi yang menyimpan nomor Anda.

Akan tetapi, jika alasan Anda beralih ke kartu pascabayar hanya sebatas ingin memiliki nomor cantik dan eksklusif, maka sebaiknya pertimbangkan kembali keputusan tersebut. Sebab, kalau memang kebiasaan dan kebutuhan seluler tidak sesuai dengan kelebihan yang dimiliki oleh layanannya, kartu pascabayar hanya akan membuat pengeluaran Anda membengkak dan malah merugi. Jadi, utamanya, pertimbangkan dulu 3 aspek yang telah dibahas sebelumnya dan jadikan kesempatan mendapatkan nomor cantik ini sebagai bonus.

Stigma Kartu Pascabayar Tidak Seburuk Dahulu
Jika mengingat ke kondisi beberapa tahun sebelumnya, tak sedikit kalangan yang menganggap kartu pascabayar lebih mahal ketimbang kartu prabayar dan pasti merugikan penggunanya. Dahulu, anggapan tersebut mungkin saja benar adanya. Namun, sekarang ini, layanan pascabayar memiliki berbagai kelebihan yang membuatnya lambat laun mulai dilirik oleh masyarakat.

Yang pasti, tetap bijak dalam menggunakan layanan kartu pascabayar ini agar hal yang seharusnya menjadi kelebihan, malah berbalik menjadi hal yang merugikan Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan menyesal di kemudian hari karena sudah terlanjur beralih ke layanan seluler tersebut.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi