Kapal Selam Diduga Akan Mengangkut Narkotika Disita

Kapal Selam Diduga Akan Mengangkut Narkotika Disita
Proses pembuatan kapal selam di Malaga, Spanyol. (Ap)

Analisadaily.com, Malaga - Polisi Spanyol mengumumkan penyitaan kapal selam narkotika yang mampu membawa kargo sebanyak dua ton.

Polisi menemukan kapal setinggi sembilan meter (30 kaki) itu bulan lalu ketika sedang dibangun di kota selatan Málaga, selama operasi narkoba internasional yang lebih luas yang melibatkan lima negara lain dan badan kejahatan Uni Eropa, Europol.

Kerajinan semisubmersible terbuat dari fiberglass dan panel kayu lapis yang dipasang pada rangka struktural, memiliki tiga lubang intip di satu sisi dan dicat biru muda. Itu memiliki dua mesin 200 tenaga kuda.

Kepala polisi Spanyol, Rafael Pérez mengatakan, kapal itu tidak pernah berlayar.

"Kami pikir itu akan pergi ke laut untuk menemui kapal induk untuk membawa obat-obatan," mungkin kokain, sebelum kembali ke Spanyol,"kata Perez dilansir dari The Guardian, Sabtu (13/3).

“Ini seperti gunung es. Dalam praktiknya, hampir semuanya berada di bawah air selain dari atas, yang merupakan satu-satunya bagian yang akan terlihat dari kapal lain atau helikopter," ujarnya.

Pada 2019, sebuah kapal semisubmersible sepanjang 20 meter dicegat setelah kandas di lepas pantai Galicia . Ia ditemukan membawa tiga ton kokain.

Kapal serupa telah ditemukan di masa lalu di Pasifik dan Atlantik, terutama di lepas pantai Amerika Tengah dan Selatan. Mereka jarang bisa tenggelam sepenuhnya.

Polisi menyita ratusan kilogram kokain, ganja, dan mariyuana di berbagai tempat di Spanyol dalam operasi yang lebih luas minggu ini, dan 52 orang ditangkap.

Polisi Spanyol mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa rekan mereka di Kolombia, AS, Inggris, Belanda dan Portugal juga terlibat dalam operasi tersebut.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi