Bersama Kahiyang Ayu Tinjau Banjir, Bobby Perintahkan Perbaikan Parit

Bersama Kahiyang Ayu Tinjau Banjir, Bobby Perintahkan Perbaikan Parit
Wali Kota Medan, Bobby Nasution, bersama istrinya, Kahiyang Ayu, meninjau banjir di Perummnas Simalingkar (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Hujan deras di sejumlah kawasan di Kota Medan kembali mengakibatkan genangan banjir, Selasa (23/3), termasuk di Kecamatan Medan Tuntungan, tepatnya di Jalan Jahe depan Pajak Jahe Perummnas Simalingkar.

Mendengar informasi itu, Wali Kota Medan, Bobby Nasution, langsung meninjau warga yang terdampak genangan. Bahkan ada beberapa rumah yang kemasukan air sedalam kurang lebih 40 cm.

Sekitar pukul 15.20 WIB, Bobby Nasution datang ke lokasi yang teredam banjir.

Menantu Presiden Jokowi itu bahkan terlihat datang dengan istrinya, Kahiyang Ayu. Keduanya tak segan masuk ke dalam genangan banjir demi memastikan masalah yang terjadi.

Bobby lantas berdialog dengan warga dengan komunikasi yang bisa dipahami oleh masyarakat. Ternyata di kawasan itu, banyak parit yang ditutup secara permanen oleh warga. Akibatnya, sidementasi parit menumpuk dan tak lagi mampu menampung debit air.

Untuk itulah Bobby dengan lemah lembut meminta warga agar bersedia cover paritnya dibongkar untuk dibersihkan sidementasinya. Warga pun setuju.

Kemudian Bobby memerintahkan Camat Medan Tuntungan, Topan Ginting, agar berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) agar segera mengerjakan pembongkaran parit dan membersihkan sedimentasi.

Melihat Wali Kota Medan, Bobby Nasution, yang langsung turun ke lokasi banjir, Topan mengaku bangga.

"Saya info bahwa ada banjir di kawasan Tuntungan. Ada sekitar 15 rumah warga kemasukan air. Ternyata Pak Wali langsung datang. Saya sempat heran juga karena Ibu Wali Kota ikut. Saya sudah wanti agar hati-hati menerobos banjir, ternyata Ibu Wali Kota tidak masalah. Bersama Pak Wali langsung berdialog dengan warga, dan warga setuju paritnya dibongkar dulu," kata Topan Ginting.

"Saya juga disuruh koordinasi dengan PU, dan sudah saya hubungi, besok akan langsung dikerjakan sesuai perintah Pak Wali," lanjut Topan.

Tarigan, warga setempat juga senang dengan perhatian Bobby Nasution. Menurutnya gaya komunikatif Bobby bisa diterima warga.

"Warga langsung mau paritnya dibongkar, itu kan berkat dialog Pak Wali. Kami bangga punya wali kota yang peduli dan mau turun ke masyarakat," kata Tarigan.

Kadis PU Kota Medan, Zulfansyah, membenarkan perintah Wali Kota untuk mengatasi banjir di kawasan Perumnas Simalingkar.

"Benar kita sudah siapkan tim, Insya Allah besok akan kita kerjakan. Yang akan kita lakukan membongkar coverslab drainase agar sedimentasinya bisa dibersihkan," kata Zulfansyah.

Sebelum meninjau banjir di Kecamatan Medan Tuntungan, Bobby Nasution juga melihat banjir di kawasan Simpang Pos Kecamatan Medan Johor.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi