BPBD Sumut Inventarisir Dampak Banjir di Palas

BPBD Sumut Inventarisir Dampak Banjir di Palas
Bupati Palas, Ali Sutan Harahap, menerima tim BPBD Sumut (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sibuhuan - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara melakukan peninjauan sekaligus koordinasi dengan Bupati Padang Lawas (Palas) terkait bencana banjir dan longsor yang melanda Palas pekan lalu.

Kepala BPBD Sumut, M. Mahfullah Pratama Daulay, mengatakan kedatangan mereka ke Palas untuk melihat langsung kondisi banjir yang sempat melanda sejumlah kecamatan.

"Kita ingin melihat secara langsung kejadian yang terjadi di lapangan sekaligus untuk menginventarisir yang terkena dampak bencana," kata Mahfullah, Senin (29/3).

Mahfullah menyebut hasil tinjauan lapangan dan penanganan yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat akan dilaporkan ke Gubernur Sumatera Utara.

"Kita minta semua data yang terdampak yang menjadi wewenang provinsi akan kita laporkan ke pak gubernur," sebutnya.

Sementara Bupati Palas, Ali Sutan Harahap, menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sumut yang telah memerintahkan BPBD untuk meninjau lokasi terdampak banjir di wilayahnya.

"Terutama menyangkut Sungai Barumun yang merupakan sumber air bendungan dan irigasi untuk pengairan areal persawahan masyarakat menuju swasembada pangan," kata Ali Sutan Harahap.

"Pertama kita mengapresiasi atas perhatian Pemprovsu terhadap bencana di daerah ini. Kita berharap seluruh yang terdampak bencana ini bisa cepat diatasi," sambungnya.

Turut dalam rombongan BPBD Sumut, pihak Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumut, Heru, selaku PPK tanggap darurat.

(ATS/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi