Covid-19

Ilmuwan: Studi Gabungan WHO Tidak Memberikan Jawaban Kredibel

Ilmuwan: Studi Gabungan WHO Tidak Memberikan Jawaban Kredibel
Seorang wanita berjalan melewati grafiti, di jalan, di tengah penyebaran penyakit Coronavirus di Mumbai, India, pada 6 April 2021. (Reuters/Francis Mascarenhas)

Analisadaily.com, Amerika Serikat - Sekelompok ilmuwan dan peneliti internasional menyatakan, studi gabungan Organisasi Kesehatan Dunia-China (WHO) tentang Covid-19 tidak memberikan jawaban yang kredibel tentang bagaimana pandemi dimulai, dan diperlukan penyelidikan yang lebih ketat, dengan atau tanpa keterlibatan Beijing.

Studi bersama, yang dirilis minggu lalu, mengatakan rute penularan yang paling mungkin untuk SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19, melibatkan kelelawar dan satwa liar lainnya di China dan Asia Tenggara. Itu semua kecuali mengesampingkan kemungkinan bocor dari laboratorium.

Dalam surat terbuka, 24 ilmuwan dan peneliti dari Eropa, Amerika Serikat, Australia dan Jepang mengatakan studi itu tercemar oleh politik.

"Titik awal mereka adalah, mari kita berkompromi sebanyak yang diperlukan untuk mendapatkan kerja sama minimal dari China," kata Jamie Metzl, rekan senior di wadah pemikir Dewan Atlantik, yang merancang surat itu dilansir dari Channel News Asia, Kamis (8/4).

Surat itu mengatakan, kesimpulan studi itu didasarkan pada penelitian China yang tidak dipublikasikan, sementara catatan kritis dan sampel biologis tetap tidak dapat diakses.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanon Ghebreyesus mengatakan, pekan lalu China telah menyembunyikan data.

Liang Wannian, pakar Covid-19 senior China, membantah hal ini dan tampaknya mengesampingkan penyelidikan bersama lebih lanjut di China, dengan mengatakan bahwa fokus harus dialihkan ke negara lain.

Metzl mengatakan, dunia mungkin harus "kembali ke Rencana B" dan melakukan penyelidikan "dengan cara yang paling sistematis" tanpa keterlibatan China.

China telah menolak tuduhan bahwa SARS-CoV-2 bocor dari laboratorium penelitian di Wuhan, kota tempat COVID-19 pertama kali diidentifikasi.

Studi gabungan China-WHO mengatakan kebocoran laboratorium "sangat tidak mungkin", dengan mengatakan "tidak ada catatan" bahwa laboratorium mana pun telah menyimpan virus terkait SARS-CoV-2.

Tedros mengatakan lebih banyak penelitian diperlukan untuk "mencapai kesimpulan yang lebih kuat".

Metzl mengatakan China harus mengungkapkan informasi yang akan memungkinkan hipotesis laboratorium disangkal.

"China memiliki database tentang virus yang ditahan. Ada catatan lab dari pekerjaan yang sedang dilakukan. Ada banyak jenis ilmuwan yang benar-benar melakukan pekerjaan itu dan kami tidak memiliki akses ke salah satu dari sumber daya itu, atau salah satu dari orang-orang itu," kata dia.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi