Paripurna LKPj APBD Palas TA 2020 Berlangsung Singkat

Paripurna LKPj APBD Palas TA 2020 Berlangsung Singkat
Rapat paripurna di Kantor DPRD Palas terkait LKPj APBD Palas TA 2020 (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Sibuhuan - Rapat paripurna DPRD Padang Lawas (Palas) dalam penyampaian rekomendasi terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) APBD Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Tahun Anggaran 2020 berlangsung singkat, Rabu (21/4).

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Palas, Amran Pikal Siregar, itu dihadiri Bupati Palas Ali Sutan Harahap, Kajari Palas, Ketua PN Sibuhuan, Waka Polres Palas dan para pimpinan OPD.

Anggota DPRD Palas, M. Ike Taken Hasibuan, mewakili anggota tim perumus rekomendasi LKPj menyampaikan, dari hasil kajian pihaknya menilai LKPj Bupati Palas masih butuh penyempurnaan.

Ike mengatakan, para pimpinan OPD sebelum menyampaikan laporan ke Bupati harus terlebih dahulu melakukan pemeriksaan dan meneliti secara detail LKPj masing-masing sehingga tidak terjadi kesalahan.

"Ini faktanya ketika kita membaca LKPj para OPD, kita lihat banyak kesalahan dan kesalahan yang sama sering terulang pada tahun lalu," kata Ike.

Seringnya terjadi kesalahan yang sama pada LKPj APBD, lanjut Ike, menunjukkan betapa masing-masing OPD tidak memiliki komunikasi dan interagsi yang baik.

"Akibatnya LKPj yang disampaikan masing-masing OPD ada kesannya sepele dan formalitas, padahal walaupun DPRD tidak lagi dalam posisi menerima dan menolak LKPj kepala daerah, tapi penyampaian LKPj yang baik dan sesuai dengan fakta yang ada sangat penting," tegasnya.

Selanjutnya tim rekomendasi dewan meminta Bupati Palas supaya menekankan kepada tim penyusun LKPj agar lebih mendalami aturan dan perundang-undangan.

Tim rekomendasi juga menekankan kepada Bupati Palas betapa pentingnya akuntabilitas, objektivitas dan keakurasian data yang disajikan dalam LKPj.

Sementara Bupati Palas, Ali Sutan Harahap, mengatakan rekomendasi yang disampaikan tim perumus menjadi catatan yang akan dijadikan sebagai bahan evaluasi.

"Dan rekomendasi itu akan ditindaklanjuti untuk perbaikan ke depan," kata Ali Sutan Harahap.

Ali Sutan menyebut pihaknya menyadari bahwa saat ini dituntut dalam tata kelola pemerintahan yang baik dan kondusif.

"Untuk itu kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih atas selesainya Laporan Keterangan Pertanggungjawan APBD 2020," tukasnya.

(ATS/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi