Soal Kesawan City Walk, Ini Kata Kader Demokrat Kota Medan

Soal Kesawan City Walk, Ini Kata Kader Demokrat Kota Medan
Kader Partai Demokrat Kota Medan, Subanto. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Kesawan City Walk (KCW) gagasan dari Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution terus mendapatkan sorotan. Tempat yang digadang-gadang menjadi The Kitchen of Asia menyebabkan kerumunan di tengah pandemi Covid-19.

Kader Partai Demokrat Kota Medan, Subanto mengatakan, selain melanggar protokol kesehatan akibat menimbulkan kerumunan, program yang dibuat di kawasan KCW ini juga dinilai tidak begitu berdampak besar dalam peningkatan ekonomi di Kota Medan dimasa pandemi ini.

Subanto juga mempertanyakan apa alasan yang mendasar mantu Presiden Jokowi ini memaksakan menjalankan program di tengah pandemi Covid-19 seperti ini.

"Apa Motivasi wali kota memaksa program ini ditengah pandemi seperti ini? Kalau motivasinya dari segi ekonomi sama-sama kita lihat juga tidak ada peningkatan pertumbuhan ekonomi yang signifikan. Hanya berapa persen pelaku UMKM yang mampu ditampung di situ, sementara resiko penularan covid 19 jauh lebih besar dibandingkan dampak ekonominya," kata dia, Senin (3/5).

Justru, menurutnya, kehadiran The Kitchen of Asia malah berdampak negatif dari segi kesehatan. Dengan banyaknya kerumunan yang hampir tiap akhir pekan, malah berdampak pada kesehatan.

"Justru dampak kesehatan yang berbahaya," jelasnya.

Sampai saat ini, Subanto melihat Wali Kota Medan, Bobby Nasution masih belajar dalam menjalankan tata kelola pemerintahan.

"Tapi saya maklum aja, kalau masih belajar," ucapnya.

Kepada Bobby, ia meminta untuk tidak memaksakan kehendak dalam mengambil kebijakan publik. Ia mengingatkan agar menguji dahulu setiap kebijakan publik yang akan dikeluarkan.

"Harusnya kebijakan publik itu diuji dulu, bukan suka-suka. Contoh kasus misalnya soal kebijakan sekolah tatap muka, hanya untuk mengambil kebijakan tersebut harus diuji dahulu ke pengamat pendidikan, psikolog anak. Begitu juga dengan kebijakan pembukaan The Kitchen of Asia ini. Jangan hanya pandang dari satu sisi dalam mengambil kebijakan publik tapi kajilah lebih mendalam setiap akan mengambil kebijakan," tandas Subanto.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi