Mahasiswa Diharap Dapat Merumuskan Strategi Pemulihan Ekonomi

Mahasiswa Diharap Dapat Merumuskan Strategi Pemulihan Ekonomi
Ketua PKC PMII Sumatera Utara, Azlansyah Hasibuan foto bersama dengan para narasumber. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sumatera Utara melaksanakan Dialog Ramadan bertema "Implementasi Strategi Percepatan Pemulihan Ekonomi Sumatera Utara" di Medan, Rabu (5/5).

Ketua PKC PMII Sumut, Azlansyah Hasibuan mengatakan, dialog bertujuan untuk memberikan dukungan terhadap program pemerintah pusat yakni pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19 yang sedang berjalan, khususnya di Provinsi Sumatera Utara.

"Dalam dialog ini kita ingin merincikan strategi pemulihan ekonomi di Sumatera Utara, terutama dengan memetakan strategi yang sedang berjalan saat ini apakah sudah memberi dampak yang luas dan menyentuh masyarakat," terang Azlan.

Azlansyah mengharapkan, dialog ini dapat merumuskan pokok-pokok rekomendasi percepatan pemulihan ekonomi Sumatera Utara, terutama peran serta kader PMII dalam pengawasan penggunaan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Sumatera Utara.

Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution, mengharapkan mahasiswa tetap bergandengan tangan dengan masyarakat dalam pemulihan ekonomi.

"Seperti dalam hal pemulihan ekonomi di Kota Medan kita melakukan pemulihan ekonomi kepada para pelaku UMKM di Kawasan yang pastinya dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Kita juga harus mendukung pemerintah pusat dan Pemerintah Sumatera Utara untuk semaksimal mungkin memanfaatkan Danau Toba sebagai Pariwisata Prioritas Nasional untuk mendukung pemulihan ekonomi," kata Bobby.

Akademisi ekonomi Islam, Ahmad Muhajir, mengajak kader PMII ikut serta dalam program PEN sebagai perwujudan dari tri Dharma perguruan tinggi.

Direktur Reskrimsus Polda Sumatera Utara, AKBP Indra Ritonga, mengharapkan rekan mahasiswa terus melakukan pengawasan terhadap kebijakan PEN serta gerakan pembabatan habis tuntas Covid-19 dari Indonesia khususnya Sumatera Utara.

"Sebagai komitmen kami dalam pengawasan penanggulangan Covid-19, Polda Sumut telah menangkap oknum curang yang coba memanfaatkan pandemi Covid-19 demi tujuan memperkaya diri dengan melakukan pemalsuan alat test swab antigen di Bandara Kualanamu. Para pelakunya sudah ditangkap oleh pihak Polda Sumatera Utara," kata Indra Ritonga.

(HERS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi