Jamaah Masjid Nurussalam, Salurkan Zakat Hingga I'tikaf

Jamaah Masjid Nurussalam, Salurkan Zakat Hingga I'tikaf
Ketua UPZ Masjid Nurussalam, Saifuddin, memantau proses penyaluran zakat tim Unit Pengumpul Zakat (UPZ) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Jelang berakhirnya Ramadan, segenap pengurus dan jamaah Masjid Nurussalam melaksanakan sejumlah kegiatan di 27 Ramadan, salah satunya penyaluran Zakat.

Penyaluran dilaksanakan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di Jalan Stella 1, Kelurahan Simpang Selayang, Kecamatan Medan Tuntungan. Setidaknya 50-an orang penerima zakat di seputaran masjid.

"Zakat merupakan kadar harta tertentu, yang diberikan kepada yang berhak menerimanya, dengan beberapa syarat. Hukumnya zakat adalah salah satu rukun Islam ke-5, fardhu'ain atas tiap-tiap orang yang cukup syarat-syaratnya," kata Ketua UPZ Masjid Nurussalam, Ustadz Saifuddin, Senin (10/5).

Ia mengatakan, mendahulukan berzakat di tengah kondisi perekonomian Indonesia saat ini sangat penting.

"Saat ini Indonesia masih di tengah-tengah pandemi. Ekonomipun masih belum stabil sepenuhnya. Mendahulukan berzakat di awal Ramadan Insya Allah sangat membantu mereka yang membutuhkan," ujarnya.

"Dana zakat diperuntuhkan untuk saudara-saudara kita yang sedang membutuhkan apalagi kondisi pandemi saat ini. Kami dari UPZ Masjid Nurussalam alhamdulillah sudah menyalurkan zakat dari para muzakki kepada mustahiq (orang yang berhak menerima zakat) yang ada di lingkungan Komplek Kejaksaan dan sekitarnya," sambungnya.

Saifuddin menerangkan, sesuai bagaimana diatur dalam Islam, tim UPZ Masjid Nurussalam menyalurkan menyalurkan zakat kepada dengan cara mengantarkan langsung ke rumah-rumah para mustahiq.

"Terimakasih bagi para muzakki yang telah memberikan amanahnya kepada kami, semoga selalu diberi keberkahan dan diterima amal ibadah Ramadan nya tahun ini oleh Allah," terangnya.

Selain penyaluran Zakat, di hari itu juga digelar kegiatan khatam Al Quran dan pada puncak kegiatan di Sabtu malam sejumlah jamaah dan pengurus menggelar I'tikaf di Masjid Nurussalam.

"Semoga di 10 terakhir Ramadan 1442 H ini Allah menerima semua amal ibadah kita dan meng ijabah doa-doa kita semua umatnya, amin," tandas Saifuddin.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi