John Nasution Diharap Mampu Atasi Penularan Covid-19

John Nasution Diharap Mampu Atasi Penularan Covid-19
Bupati Asahan Surya BSc melantik John Hardi Nasution sebagai Sekda Kabupaten Asahan di aula Melati Kantor Bupati, Juma (4/6). (Analisadaily/Arifin)

Analisadaily.com, Kisaran - Bupati Asahan, Surya, melantik John Hardi Nasution, sebagai Sekretaris Daerah di aula Melati Kantor Bupati Asahan, Jumat (4/6).

Pada kesempatan itu, Surya mengatakan, seperti yang diketahui, Covid-19 saat ini masih ada dan terus berkembang.

Oleh karena itu, John Hardi yang merangkap sebagai Sekretaris Gugus Tugas dalam penanganan Covid-19, harus mampu mengkoordinasikan kegiatan kepada seluruh pemangku kebijakan dalam penurunan angka penyebaran Corona.

"Dimasa pandemi Covid-19 Sekda harus mampu berkoordinasi dengan seluruh pemangku kebijakan, agar jumlah warga Asahan yang terkonfirmasi Covid-19 bisa menurun drastis," kata Surya.

Pelantikan dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Asahan Nomor 64.1-BKD-Tahun 2021 Tentang Pengangkatan Pengawai Negeri Sipil Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan.

Surya mengatakan, pelaksanaan seleksi terbuka tahun ini dilakukan melalui proses yang sangat panjang. Mulai dari perolehan izin dari Gubernur Sumatera Utara tertanggal 5 Januari 2021, Menteri Dalam Negeri tertanggal 3 Februari 2021 hingga Komisi Aparatur Sipil Negara tanggal 8 Februari 2021.

"Pelaksanaan seleksi terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah telah sampai pada titik akhirnya, dan menetapkan pelaksanaan pengambilan sumpah dan pelantikan John," kata Surya.

Dia juga mengatakan Sekda merupakan seorang pemimpin bagi setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan.

"Oleh karena itu saudara John Nasution, Anda dituntut agar memiliki kompetensi manajerial yang handal sebagai pimpinan dan kompetensi teknis administrasi yang mumpuni sebagai motor bagi jalannya roda Pemerintahan di Kabupaten Asahan," ujarnya.

Kompetensi ini juga, lanjut dia, merupakan prasyarat yang harus dimiliki dalam membantu Kepala Daerah menjalankan kepemimpinannya selama periode.

Dengan demikian jelas, peranan Sekda sangatlah strategis dan menentukan dalam menjamin keberhasilan penyelenggaraan Pemerintahan di Asahan.

"Peran Sekda sangat penting untuk membantu kelancaran dari segala bidang di instansi pemerintah, khususnya Asahan," ujarnya.

Masih kata Surya, sebagai Sekda memiliki tiga peran yaitu, peran strategis, peran yang diharapkan dapat memberikan pengaruh positif pada status dan performa organisasi secara jangka panjang, hal ini dapat tercapai melalui kelancaran arus informasi baik kedalam maupun keluar.

Peran teknis, pernah diharapkan dapat meningkatkan kinerja pimpinan dan terakhir, peran pendukung, peran yang diharapkan dapat memberikan nilai positif kepada anggota organisasi lainnya, yang dapat dicapai dengan pendistribusian informasi.

Dalam memenuhi tuntutan tersebut, ukuran yang perlu menjadi perhatian adalah kemampuan saudara dalam menjabarkan kebijaksanaan pimpinan, memiliki wawasan yang luas, daya analisis yang kuat.

Kemudian, tindakan yang mempunyai landasan, kemampuan menetapkan prioritas, pengembangan imajinasi dan prakarsa serta responsif pada perkembangan dan kebutuhan masyarakat di Asahan.

Surya berpesan kepada istrinya agar dapat mendampingi dan menunjang tugas-tugas suami, karena kedamaian dalam rumah tangga merupakan pendorong semangat yang cukup ampuh bagi suami dalam melaksanakan tugas.

"Begitu juga di lingkungan pemerintahan saya berharap anda dapat lebih kreatif dan inovatif dalam setiap kegiatan Dharma Wanita di tingkat Kabupaten sehingga organisasi Dharma Wanita dapat berkembang lebih baik," tuturnya.

(ARI/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi