Kabupaten Batubara Komitmen Menanggulangi Kemiskinan melalui Puskesos

Kabupaten Batubara Komitmen Menanggulangi Kemiskinan melalui Puskesos
Pembentukan Pusat Kesejahteraan Sosial - Sistem Pelayanan dan Rujukan Terpadu (Puskesos- SLRT) di Kabupaten Batubara. Selasa, (15/6) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Limapuluh - Kementerian Sosial bersama Pemerintah Kabupaten Batubara melalui Dinas Sosial Kabupaten Batubara berkomitmen melakukan percepatan program penanggulangan kemiskinan melalui pembentukan Pusat Kesejahteraan Sosial-Sistem Pelayanan dan Rujukan Terpadu (Puskesos-SLRT).

Bupati Batubara, Zahir, mengatakan selama masa pandemi Covid-19, Puskesos daerah mengalami tantangan sendiri. Menurutnya peran Puskesos sangat strategis khususnya sebagai garda terdepan dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial mulai dari tingkat desa/kelurahan hingga kabupaten/kota.

"Sebagai perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan perlu dikembangkan untuk memastikan bahwa masyarakat miskin atau rentan mendapatkan akses perlindungan dan pelayanan sosial lebih cepat serta menyeluruh," kata Zahir di Limapuluh, Selasa (15/6).

"Seluruh pelayanan Puskesos diharapkan dapat mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah dan memutus rantai penularan virus Covid-19," ucapnya.

Sementara Koordinator Puskesos Provinsi Sumatera Utara, Badriyah, menjelaskan bahwa Puskesos-SLRT pada tahun 2021 akan dibentuk di 6 kabupaten/kota yang ada di Sumatera Utara untuk membantu mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan miskin. Selain itu juga untuk menghubungkan mereka dengan layanan yang dikelola pemerintah dan non pemerintah.

"Puskesos SLRT ini bisa mendukung proses penyusunan perencanaan program dan perumusan kebijakan perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan baik di tingkat pusat maupun daerah khususnya di Kabupaten Batubara," ujarnya.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi