Hasil Interogasi Kematian Maradona, Dokter Dinilai Lalai

Hasil Interogasi Kematian Maradona, Dokter Dinilai Lalai
Diego Maradona (AFP/Alejandro Pagni)

Analisadaily.com, Argentina - Seorang pengacara untuk seorang perawat yang sedang diselidiki dalam kematian Diego Maradona mengatakan, dokter membunuhnya karena kelalaian.

"Mereka membunuh Diego," kata pengacara Rodolfo Baque kepada wartawan setelah kliennya, perawat Dahiana Gisela Madrid, diinterogasi oleh jaksa dilansir dari Channel News Asia, Kamis (17/6).

Maradona meninggal dunia karena serangan jantung November lalu pada usia 60, beberapa minggu setelah menjalani operasi otak untuk pembekuan darah.

Madrid (36) salah satu dari tujuh orang yang diselidiki untuk pembunuhan setelah dewan ahli yang menyelidiki kematian Maradona menemukan, dia telah menerima perawatan yang tidak memadai dan dibiarkan begitu saja untuk "masa yang panjang dan menyiksa".

Baque bersikeras, dokter yang merawat Maradona saat dia pulih dari operasi otak, bukan kliennya, yang harus disalahkan atas kematian legenda sepak bola itu.

Dia mengatakan, Maradona sedang dirawat karena masalah jantung tetapi pada saat yang sama menjalani pengobatan psikiatri yang mempercepat detak jantungnya.

Juga, Maradona jatuh saat berada di rumah sakit, dan ketika Madrid meminta dilakukannya pemindaian CAT padanya, seorang ajudan Maradona menolak, dengan alasan bahwa jika pers mengetahuinya, itu akan terlihat buruk.

"Pada akhirnya, ada banyak tanda peringatan bahwa Maradona akan mati, memberi atau mengambil satu hari. Dan tidak ada dokter yang melakukan apa pun untuk mencegahnya," kata Baque saat istirahat dalam interogasi Madrid, yang berlangsung selama lebih dari delapan jam.

Madrid adalah perawat siang hari Maradona dan salah satu orang terakhir yang melihatnya hidup-hidup.

Investigasi dibuka menyusul pengaduan yang diajukan dua dari lima anak Maradona terhadap ahli bedah saraf Leopoldo Luque, yang mereka salahkan atas kondisi ayah mereka yang memburuk setelah operasi otak.

Sebuah panel yang terdiri dari 20 ahli medis yang diadakan jaksa penuntut umum Argentina mengatakan bulan lalu, perawatan Maradona penuh dengan kekurangan dan ketidakberesan dan tim medis telah menyerahkan kelangsungan hidupnya untuk takdir.

Jika terbukti bersalah, tujuh orang yang dilarang meninggalkan negara itu, bisa menghadapi hukuman antara delapan dan 25 tahun penjara.

Madrid adalah salah satu orang yang menemukan Maradona tanpa tanda-tanda kehidupan dan telah mencoba untuk menghidupkannya kembali.

Pada hari Senin, perawat malam Maradona Ricardo Almiron (37) adalah yang pertama dari tujuh yang diinterogasi oleh jaksa. Anggota staf medis lain yang terlibat dalam perawatan Maradona akan diperiksa oleh jaksa selama dua minggu ke depan.

Seorang hakim akan memutuskan apakah masalah tersebut harus diadili dalam proses yang diperkirakan akan berlangsung berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun.

Maradona telah berjuang melawan kecanduan kokain dan alkohol. Mantan bintang Boca Juniors, Barcelona dan Napoli itu menderita gangguan hati, ginjal, dan kardiovaskular saat meninggal.

Maradona adalah idola bagi jutaan orang Argentina setelah ia menginspirasi negara Amerika Selatan itu untuk meraih kemenangan Piala Dunia kedua mereka pada tahun 1986.

Kematiannya mengejutkan penggemar di seluruh dunia, dan puluhan ribu orang mengantri untuk melewati peti matinya, yang terbungkus bendera Argentina, di istana presiden di Buenos Aires di tengah tiga hari berkabung nasional.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi